ctrlnum 1327
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/1327/</relation><title>IMPLEMENTASI KEGIATAN KEAGAMAAN DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA NEGERI 1 PACE KABUPATEN NGANJUK</title><creator>Ghosselin, Caca Ayunda</creator><subject>130211 Religion Curriculum and Pedagogy</subject><subject>130305 Educational Counselling</subject><description>Kata kunci :Implementasi, Kegiatan Keagamaan,Pendidikan Karakter &#xD; Penelitian ini dilatar belakangi oleh pseserta didik yang kurang memiliki nilai agama yang religius serta banyaknya para siswa-siswi yang berperilaku menyimpang dari ajaran-ajaran agama. Yang mana pada saat di masyarakat peserta didik kurang memiliki nilai-nilai kesopanan. Oleh karena itu disebuah lembaga pendidikan seharusnya menekankan ilmu keagamaan agar peserta didik bisa lebih berperilaku baik serta mempunyai akhlak yang religius. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kegiatan keagamaan dalam pendidikan karakter yang ada di SMA Negeri 1 Pace. &#xD; Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Pendekatan ini digunakan untuk mengetahhui kegiatan keagamaan dalam pembentukan karakter di SMA Negeri 1 Pace. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi,wawancara,dan dokumentasi.analisis data yang dilakukan peneliti yaitu dengan reduksi data,penyajian data, kemudian menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan 1. Perpanjangan keikutsertaan 2. Ketekunan pengamatan. 3. Triangulasi. &#xD; Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1). Kegiatan keagamaan bertujuan untuk membentuk karakter siswa menjadi religius,menyadarkan siswa-siswinya dalam ketaatan beribadah,agar siswa-siswi tahu tentang pedoman hidup manusia (2). Implementasi kegiatan keagamaan di SMA Negeri 1 Pace meliputi perencanaan disini dilakukan dengan melihat kondisi sekolah terlebih dahulu, adanya peraturan membawa Al-Qur&#x2019;an pada saat sekolah.adanya peraturan memakai pakaian muslim-muslimah kecuali non muslim. Pelaksanakan kegiatan keagamaan dilaksanakan dalam dua waktu pada saat jam pelajaran dan diluar jam pelajaran,kegiatan keagamaan tidak hanya dibimbing oleh guru saja melainkan kyai .(3) dampak, siswa menjadi lebih terbiasa menjalankan ibadah sesuai tepat pada waktunya. Terbentuknya karakter religius siswa,terbiasanya siswa-siswi berpakaian sesuai syariat islam. Dalam pelaksanaan sebuah kegiatab pastilah ada Faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung:mendapatkan dukungan penuh dari seluruh stake holder, baik dari guru,siswa,maupun orangtua,Pembina atau guru yang mengampu kegiatan keagamaan.faktor penghambat: kurangnya sarana dan prasarana yang ada di sekolah, kurangnya kesadaran siswa dalam beribadah.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1327/1/932138014_PRABAB.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1327/2/932138014_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1327/3/932138014_BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1327/4/932138014_BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1327/5/932138014_BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1327/6/932138014_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1327/7/932138014_BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1327/8/932138014_Lampiran.pdf</identifier><identifier> Ghosselin, Caca Ayunda (2018) IMPLEMENTASI KEGIATAN KEAGAMAAN DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA NEGERI 1 PACE KABUPATEN NGANJUK. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>1327</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Ghosselin, Caca Ayunda
title IMPLEMENTASI KEGIATAN KEAGAMAAN DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA NEGERI 1 PACE KABUPATEN NGANJUK
publishDate 2018
topic 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
130305 Educational Counselling
url http://etheses.iainkediri.ac.id/1327/1/932138014_PRABAB.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1327/2/932138014_BAB%20I.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1327/3/932138014_BAB%20II.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1327/4/932138014_BAB%20III.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1327/5/932138014_BAB%20IV.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1327/6/932138014_BAB%20V.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1327/7/932138014_BAB%20VI.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1327/8/932138014_Lampiran.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1327/
contents Kata kunci :Implementasi, Kegiatan Keagamaan,Pendidikan Karakter Penelitian ini dilatar belakangi oleh pseserta didik yang kurang memiliki nilai agama yang religius serta banyaknya para siswa-siswi yang berperilaku menyimpang dari ajaran-ajaran agama. Yang mana pada saat di masyarakat peserta didik kurang memiliki nilai-nilai kesopanan. Oleh karena itu disebuah lembaga pendidikan seharusnya menekankan ilmu keagamaan agar peserta didik bisa lebih berperilaku baik serta mempunyai akhlak yang religius. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kegiatan keagamaan dalam pendidikan karakter yang ada di SMA Negeri 1 Pace. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Pendekatan ini digunakan untuk mengetahhui kegiatan keagamaan dalam pembentukan karakter di SMA Negeri 1 Pace. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi,wawancara,dan dokumentasi.analisis data yang dilakukan peneliti yaitu dengan reduksi data,penyajian data, kemudian menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan 1. Perpanjangan keikutsertaan 2. Ketekunan pengamatan. 3. Triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1). Kegiatan keagamaan bertujuan untuk membentuk karakter siswa menjadi religius,menyadarkan siswa-siswinya dalam ketaatan beribadah,agar siswa-siswi tahu tentang pedoman hidup manusia (2). Implementasi kegiatan keagamaan di SMA Negeri 1 Pace meliputi perencanaan disini dilakukan dengan melihat kondisi sekolah terlebih dahulu, adanya peraturan membawa Al-Qur’an pada saat sekolah.adanya peraturan memakai pakaian muslim-muslimah kecuali non muslim. Pelaksanakan kegiatan keagamaan dilaksanakan dalam dua waktu pada saat jam pelajaran dan diluar jam pelajaran,kegiatan keagamaan tidak hanya dibimbing oleh guru saja melainkan kyai .(3) dampak, siswa menjadi lebih terbiasa menjalankan ibadah sesuai tepat pada waktunya. Terbentuknya karakter religius siswa,terbiasanya siswa-siswi berpakaian sesuai syariat islam. Dalam pelaksanaan sebuah kegiatab pastilah ada Faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung:mendapatkan dukungan penuh dari seluruh stake holder, baik dari guru,siswa,maupun orangtua,Pembina atau guru yang mengampu kegiatan keagamaan.faktor penghambat: kurangnya sarana dan prasarana yang ada di sekolah, kurangnya kesadaran siswa dalam beribadah.
id IOS6979.1327
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2020-08-10T20:08:46Z
last_indexed 2021-03-26T11:51:39Z
recordtype dc
_version_ 1695295573882568704
score 17.538404