ctrlnum 132
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/132/</relation><title>Gaya Kepemimpinan Transformasional dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru di MIN Bandar Kidul Kota Kediri</title><creator>Irmawati, Chusnul</creator><subject>130304 Educational Administration, Management and Leadership</subject><description>Gaya kepemimpinan transformasional terdapat beberapa komponen yakni pengaruh idealisme (Idealized Influence), motivasi inspirasional (Inspirational motivation), simulasi intelektual (Intellectual simulation) dan pertimbangan pribadi (Individualized consideration). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejauhmana penerapan gaya kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional guru melalui idealisme kepala madrasah, upaya kepala madrasah dalam menginspirasi dan memotivasi guru, upaya kepala madrasah dalam menumbuh kembangkan ide-ide kreatif dan inovatif guru, serta bentuk perhatian yang dilakukan kepala madrasah kepada guru. &#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan. Pengecekan data dengan ketekunan pengamatan atau kedalaman observasi dan trianggulasi.&#xD; Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan gaya kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesionl guru yaitu, pertama, Idealisme kepala MIN Bandar yakni mempunyai komitmen dalam menjalankan program dan mengembangkan kompetensi guru, mempunyai visi dan misi yang jelas, mempunyai jiwa pekerja keras dan tekun, menjadi teladan bagi guru-guru yang secara langsung akan menimbulkan rasa hormat pada diri guru, dan meningkatkan rasa percaya diri guru. Kedua, Upaya kepala MIN Bandar Kidul dalam menginspirasi dan memotivasi guru yakni dengan menjadi contoh yang baik dalam hal kedisiplinan, kreativitas, maupun dalam pencapaian prestasi. Memberikan motivasi bagi guru-guru baik dalam bentuk pujian atas keberhasilan guru atau dengan memberikan gambaran tentang guru berprestasi. Ketiga, Upaya kepala madrasah dalam menumbuh kembangkan ide-ide kreatif dan inovatif guru yakni yakni dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada guru untuk kreatif dan inovatif dalam pembelajaran, berupaya memberikan dorongan kepada guru untuk menggunakan metode pembelajaran yang bervarias serta melakukan rapat rutin. Keempat, Bentuk perhatian kepala MIN Bandar Kidul kepada guru yakni dengan menyediakan sarana dan prasarana yang menunjang pembelajaran serta menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman dan menyenangkan dan membina guru dengan diikutsertakan dalam pelatihan atau workshop.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/132/1/COVER%20SKRIPSI._HALAMAN%20PRA-BAB.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/132/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/132/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/132/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/132/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/132/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/132/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/132/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/132/9/PROFIL%20PENULIS_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Irmawati, Chusnul (2017) Gaya Kepemimpinan Transformasional dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru di MIN Bandar Kidul Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>132</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Irmawati, Chusnul
title Gaya Kepemimpinan Transformasional dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru di MIN Bandar Kidul Kota Kediri
publishDate 2017
topic 130304 Educational Administration
Management and Leadership
url http://etheses.iainkediri.ac.id/132/1/COVER%20SKRIPSI._HALAMAN%20PRA-BAB.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/132/2/BAB%20I.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/132/3/BAB%20II.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/132/4/BAB%20III.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/132/5/BAB%20IV.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/132/6/BAB%20V.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/132/7/BAB%20VI.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/132/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/132/9/PROFIL%20PENULIS_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/132/
contents Gaya kepemimpinan transformasional terdapat beberapa komponen yakni pengaruh idealisme (Idealized Influence), motivasi inspirasional (Inspirational motivation), simulasi intelektual (Intellectual simulation) dan pertimbangan pribadi (Individualized consideration). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejauhmana penerapan gaya kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional guru melalui idealisme kepala madrasah, upaya kepala madrasah dalam menginspirasi dan memotivasi guru, upaya kepala madrasah dalam menumbuh kembangkan ide-ide kreatif dan inovatif guru, serta bentuk perhatian yang dilakukan kepala madrasah kepada guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan. Pengecekan data dengan ketekunan pengamatan atau kedalaman observasi dan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan gaya kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesionl guru yaitu, pertama, Idealisme kepala MIN Bandar yakni mempunyai komitmen dalam menjalankan program dan mengembangkan kompetensi guru, mempunyai visi dan misi yang jelas, mempunyai jiwa pekerja keras dan tekun, menjadi teladan bagi guru-guru yang secara langsung akan menimbulkan rasa hormat pada diri guru, dan meningkatkan rasa percaya diri guru. Kedua, Upaya kepala MIN Bandar Kidul dalam menginspirasi dan memotivasi guru yakni dengan menjadi contoh yang baik dalam hal kedisiplinan, kreativitas, maupun dalam pencapaian prestasi. Memberikan motivasi bagi guru-guru baik dalam bentuk pujian atas keberhasilan guru atau dengan memberikan gambaran tentang guru berprestasi. Ketiga, Upaya kepala madrasah dalam menumbuh kembangkan ide-ide kreatif dan inovatif guru yakni yakni dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada guru untuk kreatif dan inovatif dalam pembelajaran, berupaya memberikan dorongan kepada guru untuk menggunakan metode pembelajaran yang bervarias serta melakukan rapat rutin. Keempat, Bentuk perhatian kepala MIN Bandar Kidul kepada guru yakni dengan menyediakan sarana dan prasarana yang menunjang pembelajaran serta menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman dan menyenangkan dan membina guru dengan diikutsertakan dalam pelatihan atau workshop.
id IOS6979.132
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2019-03-28T03:33:29Z
last_indexed 2021-03-26T11:51:08Z
recordtype dc
_version_ 1695295564660342784
score 17.538404