ctrlnum 130
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/130/</relation><title>Studi Persepsi Siswa tentang Keteladanan Guru dan Pemberian Hukuman serta Pengaruhnya terhadap Karakter Disiplin Siswa Kelas XI di MAN 3 Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017</title><creator>Mahmudah, Binti Melly</creator><subject>170103 Educational Psychology</subject><description>Disiplin termasuk salah satu dari beberapa nilai karakter yang dikembangkan di sekolah. Disiplin merupakan suatu tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan. Kedisiplinan dapat diajarkan melalui metode uswah atau keteladanan, pembiasaan di sekolah, maupun dengan pemberian hukuman yang bersifat mendidik. Untuk itu penulis tertarik untuk mengetahui persepsi siswa tentang keteladanan guru dan pemberian hukuman serta pengaruhnya terhadap karakter disiplin siswa kelas XI di MAN 3 Kediri, dengan rumusan masalah 1) Bagaimana Persepsi Siswa tentang Keteladanan Guru Kelas XI di MAN 3 Kediri? 2) Bagaimana Persepsi Siswa tentang Pemberian Hukuman Kelas XI di MAN 3 Kediri? 3) Bagaimana Karakter Disiplin Siswa Kelas XI di MAN 3 Kediri? 4) Adakah pengaruh Persepsi Siswa tentang Keteladanan Guru terhadap Karakter Disiplin Siswa Kelas XI di MAN 3 Kediri? 5) Adakah pengaruh Persepsi Siswa tentang Pemberian Hukuman terhadap Karakter Disiplin Siswa Kelas XI di MAN 3 Kediri? 6) Adakah pengaruh Persepsi Siswa tentang Keteladanan Guru dan Pemberian Hukuman terhadap Karakter Disiplin Siswa Kelas XI di MAN 3 Kediri? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji Teori Albert Bandura tentang konsep modelling atau belajar sosial bahwa pembelajaran dapat terjadi melalui pemberian contoh. Dalam hal ini, apakah keteladanan guru dapat mempengaruhi kedisiplinan peserta didik. Selanjutnya, juga untuk menguji teori Elizabeth B. Hurlock tentang disiplin. Dalam hal ini, apakah pemberian hukuman mampu mempengaruhi tingkat kedisiplinan peserta didik.&#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method. Pengumpulan data dengan metode angket, dokumentasi, wawancara dan observasi, populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 3 Kediri. Sampel penelitian berjumlah 191 siswa. Pengambilan sampel ditentukan menggunakan Tabel Krejcie. Analisis data statistik menggunakan rumus Software IBM SPSS Versi 21.&#xD; Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pengaruh persepsi siswa tentang keteladanan guru dan pemberian hukuman terhadap karakter disiplin siswa adalah 0,108. Jadi dapat dikatakan bahwa variabel X1 dan X2 mempengaruhi variabel Y yaitu sebesar 10,8 %. Dimana tingkat signifikansi sebesar 0,000 &lt; 0,05 dan 0,678 &gt; 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa tentang keteladanan guru berpengaruh terhadap karakter disiplin siswa, dan persepsi siswa tentang pemberian hukuman terhadap karakter disiplin siswa memiliki pengaruh yang tidak signifikan.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/130/1/0%20COVER%20MM1%20%282%29_0%20DAFTAR%20LAMPIRAN%20%282%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/130/2/1%20BAB%20I%20PENDAHULUAN_edit1%20%282%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/130/3/2%20BAB%20II%20KAJIAN%20TEORI_edit1%20%282%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/130/4/3%20BAB%20III%20METODE%20PENELITIAN_edit1%20%282%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/130/5/4%20BAB%20IV%20HASIL%20PENELITIAN_edit1%20%282%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/130/6/5%20BAB%20V%20PEMBAHASAN_edit1%20%282%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/130/7/6%20BAB%20VI%20PENUTUP%20simple_edit1%20%282%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/130/8/DAFTAR%20PUSTAKA_EDIT1%20%282%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/130/9/iii%20NOTA%20KONSULTAN%20MM%20%282%29.pdf</identifier><identifier> Mahmudah, Binti Melly (2017) Studi Persepsi Siswa tentang Keteladanan Guru dan Pemberian Hukuman serta Pengaruhnya terhadap Karakter Disiplin Siswa Kelas XI di MAN 3 Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>130</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Mahmudah, Binti Melly
title Studi Persepsi Siswa tentang Keteladanan Guru dan Pemberian Hukuman serta Pengaruhnya terhadap Karakter Disiplin Siswa Kelas XI di MAN 3 Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017
publishDate 2017
topic 170103 Educational Psychology
url http://etheses.iainkediri.ac.id/130/1/0%20COVER%20MM1%20%282%29_0%20DAFTAR%20LAMPIRAN%20%282%29.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/130/2/1%20BAB%20I%20PENDAHULUAN_edit1%20%282%29.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/130/3/2%20BAB%20II%20KAJIAN%20TEORI_edit1%20%282%29.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/130/4/3%20BAB%20III%20METODE%20PENELITIAN_edit1%20%282%29.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/130/5/4%20BAB%20IV%20HASIL%20PENELITIAN_edit1%20%282%29.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/130/6/5%20BAB%20V%20PEMBAHASAN_edit1%20%282%29.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/130/7/6%20BAB%20VI%20PENUTUP%20simple_edit1%20%282%29.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/130/8/DAFTAR%20PUSTAKA_EDIT1%20%282%29.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/130/9/iii%20NOTA%20KONSULTAN%20MM%20%282%29.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/130/
contents Disiplin termasuk salah satu dari beberapa nilai karakter yang dikembangkan di sekolah. Disiplin merupakan suatu tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan. Kedisiplinan dapat diajarkan melalui metode uswah atau keteladanan, pembiasaan di sekolah, maupun dengan pemberian hukuman yang bersifat mendidik. Untuk itu penulis tertarik untuk mengetahui persepsi siswa tentang keteladanan guru dan pemberian hukuman serta pengaruhnya terhadap karakter disiplin siswa kelas XI di MAN 3 Kediri, dengan rumusan masalah 1) Bagaimana Persepsi Siswa tentang Keteladanan Guru Kelas XI di MAN 3 Kediri? 2) Bagaimana Persepsi Siswa tentang Pemberian Hukuman Kelas XI di MAN 3 Kediri? 3) Bagaimana Karakter Disiplin Siswa Kelas XI di MAN 3 Kediri? 4) Adakah pengaruh Persepsi Siswa tentang Keteladanan Guru terhadap Karakter Disiplin Siswa Kelas XI di MAN 3 Kediri? 5) Adakah pengaruh Persepsi Siswa tentang Pemberian Hukuman terhadap Karakter Disiplin Siswa Kelas XI di MAN 3 Kediri? 6) Adakah pengaruh Persepsi Siswa tentang Keteladanan Guru dan Pemberian Hukuman terhadap Karakter Disiplin Siswa Kelas XI di MAN 3 Kediri? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji Teori Albert Bandura tentang konsep modelling atau belajar sosial bahwa pembelajaran dapat terjadi melalui pemberian contoh. Dalam hal ini, apakah keteladanan guru dapat mempengaruhi kedisiplinan peserta didik. Selanjutnya, juga untuk menguji teori Elizabeth B. Hurlock tentang disiplin. Dalam hal ini, apakah pemberian hukuman mampu mempengaruhi tingkat kedisiplinan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method. Pengumpulan data dengan metode angket, dokumentasi, wawancara dan observasi, populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 3 Kediri. Sampel penelitian berjumlah 191 siswa. Pengambilan sampel ditentukan menggunakan Tabel Krejcie. Analisis data statistik menggunakan rumus Software IBM SPSS Versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pengaruh persepsi siswa tentang keteladanan guru dan pemberian hukuman terhadap karakter disiplin siswa adalah 0,108. Jadi dapat dikatakan bahwa variabel X1 dan X2 mempengaruhi variabel Y yaitu sebesar 10,8 %. Dimana tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan 0,678 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa tentang keteladanan guru berpengaruh terhadap karakter disiplin siswa, dan persepsi siswa tentang pemberian hukuman terhadap karakter disiplin siswa memiliki pengaruh yang tidak signifikan.
id IOS6979.130
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2019-03-28T03:33:29Z
last_indexed 2021-03-26T11:51:08Z
recordtype dc
_version_ 1695295564649857024
score 17.538404