Daftar Isi:
  • Pengalaman kerja (Length of Service), merupakan suatu ukuran tentang lama waktu atau masa kerjanya yang telah ditempuh seseorang dalam memahami tugastugas suatu pekerjaan dan telah melaksanakannya dengan baik. Sedangkan etos kerja adalah seperangkat perilaku positif yang berakar pada keyakinan fundamental yang disertai komitmen total pada paradigma kerja yang integral. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman kerja dan mengetahui etos kerja karyawan Bank Jatim Syari’ah Cabang Kediri, serta untuk mengetahui pengaruh pengalaman kerja terhadap etos kerja karyawan Bank Jatim Syari’ah Cabang Kediri. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi yang dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara dua atau beberapa variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Bank Jatim Syariah Cabang Kediri yang berjumlah 47 karyawan. Dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil angket yang telah di isi oleh karyawan Bank Jatim Syariah Cabang Kediri yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, hubungan pengalaman kerja terhadap etos kerja karyawan Bank Jatim Syari’ah Cabang Kediri adalah sangat kuat, hasil ini berdasarkan korelasi pearson product moment diperoleh hasil sebesar 0,723 terletak diantara nilai 0,70-1,000. Analisis uji t menunjukkan bahwa thitung > ttabel atau 7,029 > 2,01410 menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variabel pengalaman kerja terhadap variabel etos kerja karyawan Bank Jatim Syari’ah Cabang Kediri. Analisis uji determinasi menunjukkan bahwa besarnya R square sebesar 0,523, artinya besarnya pengaruh variabel pengalaman kerja terhadap etos kerja karyawan sebesar 52,3% sedangkan sisanya (47,7%) dipengaruhi Oleh faktor lain seperti faktor usia, jenis kelamin, latar belakang pendidikan.