Daftar Isi:
  • Kata Kunci: Kantin Kejujuran dan Pendidikan Akhlak Pendidikan merupakan sarana latihan untuk membangkitkan nafsu-nafsu rubbubiyah (ketuhanan) dan meredam ataumenghilangkan nafsu-nafsu syaithaniyah. Dalam pendidikan peserta didik dikenalkan atau dilatih mengenai perilaku (akhlakul karimah atau mahmudah) seperti jujur, rendah hati, sabar dan lain sebagainya. Fokus pada penelitian ini adalah: 1). Bagaimana kantin kejujuran di MTsN 2 Kota Kediri, 2). Bagaimana metode pendidikan akhlak melalui Kantin Kejujuran di MTsN 2 Kota Kediri 3). Apa faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan program kantin kejujuran di MTsN 2 Kota Kediri. Pendekatan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis pendekatan deskriptif, teknik yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif. Kesimpulan dari penelian ini adalah: 1). Kantin kejujuran adalah sebuah tempat dijualnya makanan dan minuman seprti yang ada di kantin pada umumnya namun tanpa ada penjagaan, siswa mengambil makanan atau minuman sendiri dan memasukkan uang kedalam kotak, 2). Metode pendidikan dalam kantin kejujuran menggunakan metode pembiasaan dan metode keteladanan, 3). Faktor pendukung penerapan kantin adalah kejujuran, dan motivasi positif siswa. Faktor penghambat adalah kesadaran berbuat baik, kejujuran yang masih terhitung rendah, dan karakter bawaan