ctrlnum 1229
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/1229/</relation><title>PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN&#xD; KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL&#xD; BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS XI DI&#xD; SMA NEGERI 2 KOTA KEDIRI</title><creator>Yuliani, Lilik</creator><subject>130303 Education Assessment and Evaluation</subject><description>Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Kedisiplinan, Hasil Belajar&#xD; Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kecerdasan emosional yang dapat&#xD; memberi kontribusi terhadap keberhasilan belajar peserta didik dalam belajar.&#xD; Selain itu kedisiplinan peserta didik juga dapat mempengaruhi hasil belajar&#xD; peserta didik. Kecerdasan emosional dan kedisiplinan peserta didik menjadi aspek&#xD; pendukung pencapaian hasil belajar. Dalam hal ini, peneliti mencoba&#xD; menghubungkan antara kecerdasan emosional dan kedisiplinan peserta didik&#xD; dalam kaitannya dengan hasil belajar PAI kelas XI di SMAN 2 Kediri. Rumusan&#xD; masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana kecerdasan emosional&#xD; peserta didik kelas XI di SMAN 2 Kediri (2) Bagaimana kedisiplinan peserta&#xD; didik kelas XI di SMAN 2 Kediri (3) Bagaimana Hasil Belajar PAI kelas XI di&#xD; SMAN 2 Kediri (4) Adakah pengaruh kecerdasan emosional peserta didik&#xD; terhadap hasil belajar PAI kelas XI di SMAN 2 Kediri. (5) Adakah pengaruh&#xD; kedisiplinan peserta didik terhadap hasil belajar PAI kelas XI di SMAN 2 Kediri.&#xD; (6) Adakah pengaruh kecerdasan emosional dan kedisiplinan peserta didik&#xD; terhadap hasil belajar PAI kelas XI di SMAN 2 Kediri.&#xD; Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sampel&#xD; dalam penelitian ini sebanyak 100 peserta didik. Pengambilan sampel ditentukan&#xD; dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan&#xD; metode dokumentasi, angket, dan test. Sedangkan untuk analisis data statistik&#xD; menggunakan analisis regresi berganda.&#xD; Hasil dari penelitian ini, yaitu (1) Kecerdasan emosional peserta didik&#xD; kelas XI di SMAN 2 Kediri tergolong tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan mean&#xD; sebesar 98,87 yang berpedoman pada true score dengan distribusi frekuensi 58%&#xD; atau 58 peserta didik berada dalam kategori tinggi. (2) Kedisiplinan peserta didik&#xD; kelas XI di SMAN 2 Kediri tergolong tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan mean&#xD; sebesar 113,96 yang berpedoman pada true score dengan distribusi frekuensi 59%&#xD; atau 59 peserta didik berada dalam kategori tinggi. (3) Hasil belajar PAI kelas XI&#xD; di SMAN 2 Kediri tergolong sangat tinggi dengan dengan/ mean sebebesar 88,55&#xD; yang berpedoman pada true score dengan distribusi frekuensi 63% atau 63 peserta &#xD; x&#xD; didik berada dalam kategori sangat tinggi. (4) Ada pengaruh yang signifikan&#xD; kecerdasan emosional peserta didik terhadap hasil belajar PAI kelas XI di SMAN&#xD; 2 Kediri. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai thitung = 3,513 dan ttabel =&#xD; 1,984. (5) Ada pengaruh yang signifikan kedisiplinan peserta didik terhadap hasil&#xD; belajar PAI kelas XI di SMAN 2 Kediri. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh&#xD; nilai thitung = 3,157 dan ttabel = 1,984. (6) Ada pengaruh yang signifikan antara&#xD; kecerdasan emosional dan kedisiplinan peserta didik secara bersama-sama&#xD; terhadap hasil belajar PAI kelas XI di SMAN 2 Kediri. Berdasarkan hasil&#xD; penelitian diperoleh nilai Fhitung = 10,206 dan Ftabel = 3,090 dengan R Square&#xD; sebesar 0,174. Dengan demikian, kecerdasan emosional peserta didik secara&#xD; bersama-sama memberikan pengaruh sebesar 17,4% terhadap hasil belajar PAI&#xD; kelas XI di SMAN 2 Kediri.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1229/1/932102314_Pra%20Bab.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1229/2/932102314_Bab%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1229/3/932102314_Bab%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1229/4/932102314_Bab%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1229/5/932102314_Bab%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1229/6/932102314_Bab%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1229/7/932102314_Bab%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1229/8/932102314_Lampiran.pdf</identifier><identifier> Yuliani, Lilik (2018) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS XI DI SMA NEGERI 2 KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>1229</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Yuliani, Lilik
title PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS XI DI SMA NEGERI 2 KOTA KEDIRI
publishDate 2018
topic 130303 Education Assessment and Evaluation
url http://etheses.iainkediri.ac.id/1229/1/932102314_Pra%20Bab.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1229/2/932102314_Bab%20I.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1229/3/932102314_Bab%20II.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1229/4/932102314_Bab%20III.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1229/5/932102314_Bab%20IV.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1229/6/932102314_Bab%20V.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1229/7/932102314_Bab%20VI.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1229/8/932102314_Lampiran.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1229/
contents Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Kedisiplinan, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kecerdasan emosional yang dapat memberi kontribusi terhadap keberhasilan belajar peserta didik dalam belajar. Selain itu kedisiplinan peserta didik juga dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Kecerdasan emosional dan kedisiplinan peserta didik menjadi aspek pendukung pencapaian hasil belajar. Dalam hal ini, peneliti mencoba menghubungkan antara kecerdasan emosional dan kedisiplinan peserta didik dalam kaitannya dengan hasil belajar PAI kelas XI di SMAN 2 Kediri. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana kecerdasan emosional peserta didik kelas XI di SMAN 2 Kediri (2) Bagaimana kedisiplinan peserta didik kelas XI di SMAN 2 Kediri (3) Bagaimana Hasil Belajar PAI kelas XI di SMAN 2 Kediri (4) Adakah pengaruh kecerdasan emosional peserta didik terhadap hasil belajar PAI kelas XI di SMAN 2 Kediri. (5) Adakah pengaruh kedisiplinan peserta didik terhadap hasil belajar PAI kelas XI di SMAN 2 Kediri. (6) Adakah pengaruh kecerdasan emosional dan kedisiplinan peserta didik terhadap hasil belajar PAI kelas XI di SMAN 2 Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 peserta didik. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi, angket, dan test. Sedangkan untuk analisis data statistik menggunakan analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini, yaitu (1) Kecerdasan emosional peserta didik kelas XI di SMAN 2 Kediri tergolong tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan mean sebesar 98,87 yang berpedoman pada true score dengan distribusi frekuensi 58% atau 58 peserta didik berada dalam kategori tinggi. (2) Kedisiplinan peserta didik kelas XI di SMAN 2 Kediri tergolong tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan mean sebesar 113,96 yang berpedoman pada true score dengan distribusi frekuensi 59% atau 59 peserta didik berada dalam kategori tinggi. (3) Hasil belajar PAI kelas XI di SMAN 2 Kediri tergolong sangat tinggi dengan dengan/ mean sebebesar 88,55 yang berpedoman pada true score dengan distribusi frekuensi 63% atau 63 peserta x didik berada dalam kategori sangat tinggi. (4) Ada pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional peserta didik terhadap hasil belajar PAI kelas XI di SMAN 2 Kediri. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai thitung = 3,513 dan ttabel = 1,984. (5) Ada pengaruh yang signifikan kedisiplinan peserta didik terhadap hasil belajar PAI kelas XI di SMAN 2 Kediri. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai thitung = 3,157 dan ttabel = 1,984. (6) Ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional dan kedisiplinan peserta didik secara bersama-sama terhadap hasil belajar PAI kelas XI di SMAN 2 Kediri. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai Fhitung = 10,206 dan Ftabel = 3,090 dengan R Square sebesar 0,174. Dengan demikian, kecerdasan emosional peserta didik secara bersama-sama memberikan pengaruh sebesar 17,4% terhadap hasil belajar PAI kelas XI di SMAN 2 Kediri.
id IOS6979.1229
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2020-07-08T12:59:57Z
last_indexed 2021-03-26T11:51:36Z
recordtype dc
_version_ 1695295573243985920
score 17.538404