PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS XI DI SMA NEGERI 2 KOTA KEDIRI
ctrlnum |
1229 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/1229/</relation><title>PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN
KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL
BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS XI DI
SMA NEGERI 2 KOTA KEDIRI</title><creator>Yuliani, Lilik</creator><subject>130303 Education Assessment and Evaluation</subject><description>Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Kedisiplinan, Hasil Belajar
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kecerdasan emosional yang dapat
memberi kontribusi terhadap keberhasilan belajar peserta didik dalam belajar.
Selain itu kedisiplinan peserta didik juga dapat mempengaruhi hasil belajar
peserta didik. Kecerdasan emosional dan kedisiplinan peserta didik menjadi aspek
pendukung pencapaian hasil belajar. Dalam hal ini, peneliti mencoba
menghubungkan antara kecerdasan emosional dan kedisiplinan peserta didik
dalam kaitannya dengan hasil belajar PAI kelas XI di SMAN 2 Kediri. Rumusan
masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana kecerdasan emosional
peserta didik kelas XI di SMAN 2 Kediri (2) Bagaimana kedisiplinan peserta
didik kelas XI di SMAN 2 Kediri (3) Bagaimana Hasil Belajar PAI kelas XI di
SMAN 2 Kediri (4) Adakah pengaruh kecerdasan emosional peserta didik
terhadap hasil belajar PAI kelas XI di SMAN 2 Kediri. (5) Adakah pengaruh
kedisiplinan peserta didik terhadap hasil belajar PAI kelas XI di SMAN 2 Kediri.
(6) Adakah pengaruh kecerdasan emosional dan kedisiplinan peserta didik
terhadap hasil belajar PAI kelas XI di SMAN 2 Kediri.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sampel
dalam penelitian ini sebanyak 100 peserta didik. Pengambilan sampel ditentukan
dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan
metode dokumentasi, angket, dan test. Sedangkan untuk analisis data statistik
menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil dari penelitian ini, yaitu (1) Kecerdasan emosional peserta didik
kelas XI di SMAN 2 Kediri tergolong tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan mean
sebesar 98,87 yang berpedoman pada true score dengan distribusi frekuensi 58%
atau 58 peserta didik berada dalam kategori tinggi. (2) Kedisiplinan peserta didik
kelas XI di SMAN 2 Kediri tergolong tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan mean
sebesar 113,96 yang berpedoman pada true score dengan distribusi frekuensi 59%
atau 59 peserta didik berada dalam kategori tinggi. (3) Hasil belajar PAI kelas XI
di SMAN 2 Kediri tergolong sangat tinggi dengan dengan/ mean sebebesar 88,55
yang berpedoman pada true score dengan distribusi frekuensi 63% atau 63 peserta 
x
didik berada dalam kategori sangat tinggi. (4) Ada pengaruh yang signifikan
kecerdasan emosional peserta didik terhadap hasil belajar PAI kelas XI di SMAN
2 Kediri. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai thitung = 3,513 dan ttabel =
1,984. (5) Ada pengaruh yang signifikan kedisiplinan peserta didik terhadap hasil
belajar PAI kelas XI di SMAN 2 Kediri. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh
nilai thitung = 3,157 dan ttabel = 1,984. (6) Ada pengaruh yang signifikan antara
kecerdasan emosional dan kedisiplinan peserta didik secara bersama-sama
terhadap hasil belajar PAI kelas XI di SMAN 2 Kediri. Berdasarkan hasil
penelitian diperoleh nilai Fhitung = 10,206 dan Ftabel = 3,090 dengan R Square
sebesar 0,174. Dengan demikian, kecerdasan emosional peserta didik secara
bersama-sama memberikan pengaruh sebesar 17,4% terhadap hasil belajar PAI
kelas XI di SMAN 2 Kediri.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1229/1/932102314_Pra%20Bab.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1229/2/932102314_Bab%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1229/3/932102314_Bab%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1229/4/932102314_Bab%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1229/5/932102314_Bab%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1229/6/932102314_Bab%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1229/7/932102314_Bab%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1229/8/932102314_Lampiran.pdf</identifier><identifier> Yuliani, Lilik (2018) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS XI DI SMA NEGERI 2 KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>1229</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Yuliani, Lilik |
title |
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN
KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL
BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS XI DI
SMA NEGERI 2 KOTA KEDIRI |
publishDate |
2018 |
topic |
130303 Education Assessment and Evaluation |
url |
http://etheses.iainkediri.ac.id/1229/1/932102314_Pra%20Bab.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1229/2/932102314_Bab%20I.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1229/3/932102314_Bab%20II.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1229/4/932102314_Bab%20III.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1229/5/932102314_Bab%20IV.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1229/6/932102314_Bab%20V.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1229/7/932102314_Bab%20VI.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1229/8/932102314_Lampiran.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1229/ |
contents |
Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Kedisiplinan, Hasil Belajar
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kecerdasan emosional yang dapat
memberi kontribusi terhadap keberhasilan belajar peserta didik dalam belajar.
Selain itu kedisiplinan peserta didik juga dapat mempengaruhi hasil belajar
peserta didik. Kecerdasan emosional dan kedisiplinan peserta didik menjadi aspek
pendukung pencapaian hasil belajar. Dalam hal ini, peneliti mencoba
menghubungkan antara kecerdasan emosional dan kedisiplinan peserta didik
dalam kaitannya dengan hasil belajar PAI kelas XI di SMAN 2 Kediri. Rumusan
masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana kecerdasan emosional
peserta didik kelas XI di SMAN 2 Kediri (2) Bagaimana kedisiplinan peserta
didik kelas XI di SMAN 2 Kediri (3) Bagaimana Hasil Belajar PAI kelas XI di
SMAN 2 Kediri (4) Adakah pengaruh kecerdasan emosional peserta didik
terhadap hasil belajar PAI kelas XI di SMAN 2 Kediri. (5) Adakah pengaruh
kedisiplinan peserta didik terhadap hasil belajar PAI kelas XI di SMAN 2 Kediri.
(6) Adakah pengaruh kecerdasan emosional dan kedisiplinan peserta didik
terhadap hasil belajar PAI kelas XI di SMAN 2 Kediri.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sampel
dalam penelitian ini sebanyak 100 peserta didik. Pengambilan sampel ditentukan
dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan
metode dokumentasi, angket, dan test. Sedangkan untuk analisis data statistik
menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil dari penelitian ini, yaitu (1) Kecerdasan emosional peserta didik
kelas XI di SMAN 2 Kediri tergolong tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan mean
sebesar 98,87 yang berpedoman pada true score dengan distribusi frekuensi 58%
atau 58 peserta didik berada dalam kategori tinggi. (2) Kedisiplinan peserta didik
kelas XI di SMAN 2 Kediri tergolong tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan mean
sebesar 113,96 yang berpedoman pada true score dengan distribusi frekuensi 59%
atau 59 peserta didik berada dalam kategori tinggi. (3) Hasil belajar PAI kelas XI
di SMAN 2 Kediri tergolong sangat tinggi dengan dengan/ mean sebebesar 88,55
yang berpedoman pada true score dengan distribusi frekuensi 63% atau 63 peserta
x
didik berada dalam kategori sangat tinggi. (4) Ada pengaruh yang signifikan
kecerdasan emosional peserta didik terhadap hasil belajar PAI kelas XI di SMAN
2 Kediri. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai thitung = 3,513 dan ttabel =
1,984. (5) Ada pengaruh yang signifikan kedisiplinan peserta didik terhadap hasil
belajar PAI kelas XI di SMAN 2 Kediri. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh
nilai thitung = 3,157 dan ttabel = 1,984. (6) Ada pengaruh yang signifikan antara
kecerdasan emosional dan kedisiplinan peserta didik secara bersama-sama
terhadap hasil belajar PAI kelas XI di SMAN 2 Kediri. Berdasarkan hasil
penelitian diperoleh nilai Fhitung = 10,206 dan Ftabel = 3,090 dengan R Square
sebesar 0,174. Dengan demikian, kecerdasan emosional peserta didik secara
bersama-sama memberikan pengaruh sebesar 17,4% terhadap hasil belajar PAI
kelas XI di SMAN 2 Kediri. |
id |
IOS6979.1229 |
institution |
IAIN Kediri |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
2572 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan IAIN Kediri |
library_id |
2008 |
collection |
etheses IAIN Kediri |
repository_id |
6979 |
subject_area |
pendidikan ekonomi dan bisnis syariah dakwah |
city |
KOTA KEDIRI |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6979 |
first_indexed |
2020-07-08T12:59:57Z |
last_indexed |
2021-03-26T11:51:36Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1695295573243985920 |
score |
17.538404 |