Manajemen Kepala Madrasah dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial Siswa MTsN Kanigoro Kecamatan Kras Kabupaten Kediri
Daftar Isi:
- Kepala madrasah merupakan salah satu penentu keberhasilan madrasah dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai, dimana untuk mencapainya memerlukan manajemen yang baik. Tujaun madrasah tidak lepas dari tujuan pendidikan sendiri yaitu membentuk watak/karakter siswa. Salah satu karakter yang tidak kalah penting yaitu peduli sosial karena pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain. Oleh karena itu untuk merealisasikan pendidikan karakter dengan baik di suatu lembaga sekolah diperlukan adanya suatu manajemen atau pengelolaan sekolah. Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan 1) Program yang direncanakan kepala madrasah dalam membentuk karakter peduli sosial siswa; 2) Pengorganisasian program yang telah direncanakan kepala madrasah dalam membentuk karakter peduli sosial siswa; 3) Pengarahan program yang telah direncanakan kepala madrasah dalam membentuk karakter peduli sosial siswa; 4) Pengendalian terhadap program yang telah direncanakan kepala madrasah dalam membentuk karakter peduli sosial siswa di MTsN Kanigoro Kecamatan Kras Kebaupaten Kediri. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimana prosedur penelitian yang dihasilkan adalah data deskriptif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus karena penelitian ini akan mendeskripsikan manajemen kepala madrasah dalam membentuk karakter peduli sosial siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mendeskripsikan bahwa 1) Program yang direncanakan kepala madrasah dalam membentuk karakter peduli sosial siswa yaitu menjenguk siswa yang sakit, takziah, zakat fitrah, qurban, dan membentuk GNOTA. Dalam perencananaanya, kepala madrasah dibantu oleh wakil kepala madrasah, guru, dan staf; 2) Pengorganisasian program yang direncanakan kepala madrasah yaitu dengan membagi tugas yang harus dilakukan oleh wakil kepala madrasah dan guru sesuai dengan bidang yang dikuasai; 3) Pengarahan program yang direncanakan kepala madrasah yaitu dengan mengadakan orientasi dan pemberian petunjuk mengenai tugas yang harus dilakukan wakil madrasah dan guru serta memberikan nasihat apabila mereka mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas; 4) Pengendalian program yang direncanakan kepala madrasah yaitu dengan melakukan monitoring satiap pelaksanaan program yang telah direncanakan dan melakukan evaluasi setelah program yang dirancanakan telah dilaksanakan.