ctrlnum 1181
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/1181/</relation><title>Pelaksanaan Sistem Boarding School Untuk Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di SMP Plus Ar Rahman Kota Kediri</title><creator>Putri, Dina Kurota A&#x2019;yunin Teguh</creator><subject>130304 Educational Administration, Management and Leadership</subject><description>Pendidikan Indonesia era sekarang mengalami kegelisahan tentang lemahnya karakter kemanusiaan. Banyak pihak menilai bahwa lemahnya karakter bangsa merupakan masalah nasional. Melihat kondisi pendidikan tersebut yang dipandang belum memenuhi harapan yang ideal, akhirnya muncullah sekolah yang mengadakan sistem boarding school. Dengan sistem boarding school lebih memungkinkan untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang ideal dan melahirkan orang-orang akan menjadi alat penggerak kehidupan. Dalam penelitian ini, fokus masalah yang diambil oleh peneliti adalah mengenai 1) Bagaimana sistem pelaksanaan boarding school? 2) Bagaimana metode pembentukan karakter religius di boarding school SMP Plus Ar Rahman Kota Kediri?.Adapun tujuan dari penelitian ini, peneliti bermaksud menguraikan sistem pelaksanaan yang dilakukan pihak sekolah untuk membentuk karakter religius peserta didik serta pemaparan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan sistem boarding school. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang menghasilkan data deskriptif. Kehadiran peneliti sebagai instrument kunci dan sebagai alat pengumpulan data. Sumber data diperoleh dari KepalaSekolah, ustadz, ustadzah, pendamping, peserta didik. Prosedur pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan pengamatan dan triangulasi. Tahap-tahap penelitian melalui tahap pralapangan, lapangan, tahap analisis data, dan tahap penulisan laporan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan sistem boarding school di SMP Plus Ar Rahman Kota Kediri dengan sistem pendampingan 24 jam. Kegiatan yang telah di tetapkan yakni melaksanakan sholat wajib berjamaah, sholat-sholat sunnah, mengikuti kegiatan KBM kitab setiap hari. 2) Pembentukan karakter religius di boarding school SMP Plus Ar Rahman Kota Kediri menggunakan metode pembiasaan, nasihat dan hukuman. 3) Faktor pendukung dalam pelaksanaan sistem boarding school yakni faktor sekolah yang senantiasa mendukung secara penuh, faktor orang tua yang menginginkan anaknya mempunyai karakter religius atau akhlak yang baik, faktor lingkungan yang strategis. Sedangkan untuk faktor penghambat yakni kurangnya kedisiplinan.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1181/1/932102015-prabab.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1181/2/932102015-bab1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1181/3/932102015-bab2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1181/4/932102015-bab3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1181/5/932102015-bab4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1181/6/932102015-bab5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1181/7/932102015-bab6.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1181/8/932102015-daftarpustaka.pdf</identifier><identifier> Putri, Dina Kurota A&#x2019;yunin Teguh (2019) Pelaksanaan Sistem Boarding School Untuk Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di SMP Plus Ar Rahman Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>1181</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Putri, Dina Kurota A’yunin Teguh
title Pelaksanaan Sistem Boarding School Untuk Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di SMP Plus Ar Rahman Kota Kediri
publishDate 2019
topic 130304 Educational Administration
Management and Leadership
url http://etheses.iainkediri.ac.id/1181/1/932102015-prabab.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1181/2/932102015-bab1.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1181/3/932102015-bab2.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1181/4/932102015-bab3.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1181/5/932102015-bab4.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1181/6/932102015-bab5.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1181/7/932102015-bab6.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1181/8/932102015-daftarpustaka.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1181/
contents Pendidikan Indonesia era sekarang mengalami kegelisahan tentang lemahnya karakter kemanusiaan. Banyak pihak menilai bahwa lemahnya karakter bangsa merupakan masalah nasional. Melihat kondisi pendidikan tersebut yang dipandang belum memenuhi harapan yang ideal, akhirnya muncullah sekolah yang mengadakan sistem boarding school. Dengan sistem boarding school lebih memungkinkan untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang ideal dan melahirkan orang-orang akan menjadi alat penggerak kehidupan. Dalam penelitian ini, fokus masalah yang diambil oleh peneliti adalah mengenai 1) Bagaimana sistem pelaksanaan boarding school? 2) Bagaimana metode pembentukan karakter religius di boarding school SMP Plus Ar Rahman Kota Kediri?.Adapun tujuan dari penelitian ini, peneliti bermaksud menguraikan sistem pelaksanaan yang dilakukan pihak sekolah untuk membentuk karakter religius peserta didik serta pemaparan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan sistem boarding school. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang menghasilkan data deskriptif. Kehadiran peneliti sebagai instrument kunci dan sebagai alat pengumpulan data. Sumber data diperoleh dari KepalaSekolah, ustadz, ustadzah, pendamping, peserta didik. Prosedur pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan pengamatan dan triangulasi. Tahap-tahap penelitian melalui tahap pralapangan, lapangan, tahap analisis data, dan tahap penulisan laporan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan sistem boarding school di SMP Plus Ar Rahman Kota Kediri dengan sistem pendampingan 24 jam. Kegiatan yang telah di tetapkan yakni melaksanakan sholat wajib berjamaah, sholat-sholat sunnah, mengikuti kegiatan KBM kitab setiap hari. 2) Pembentukan karakter religius di boarding school SMP Plus Ar Rahman Kota Kediri menggunakan metode pembiasaan, nasihat dan hukuman. 3) Faktor pendukung dalam pelaksanaan sistem boarding school yakni faktor sekolah yang senantiasa mendukung secara penuh, faktor orang tua yang menginginkan anaknya mempunyai karakter religius atau akhlak yang baik, faktor lingkungan yang strategis. Sedangkan untuk faktor penghambat yakni kurangnya kedisiplinan.
id IOS6979.1181
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2020-05-07T18:41:06Z
last_indexed 2021-03-26T11:51:36Z
recordtype dc
_version_ 1695295572830846976
score 17.538404