Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Ski Di Mts Sunan Giri Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2018/2019
Main Author: | Rahayu, Mita Dwi Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etheses.iainkediri.ac.id/1122/2/932100415-partbab.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1122/1/932100415-fullbab.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1122/ |
Daftar Isi:
- Belajar adalah salah satu kunci untuk mencapai kesuksesan hidup. Dalam kehidupan ini kita dituntut agar selalu belajar dan terus belajar. Belajar merupakan proses mencari apa yang tidak diketahui menjadi tahu, apa yang tidak dimengerti menjadi mengerti. Proses mencari inilah yang sering disebut dengan gaya belajar. Mengenal gaya belajar sangatlah penting karena dengan begitu seseorang akan mudah menyerap apa yang dipelajari. Namun dalam proses belajar, setiap orang belum tentu mengetahui gaya belajar yang dominan pada dirinya. Dengan mengetahui gaya belajar yang dimilikinya seseorang akan mampu meraih hasil belajar yang maksimal sehingga mencapai prestasi yang baik. Mengingat hal tersebut, maka tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gaya belajar yang dimiliki oleh siswa kelas VIII MTs Sunan Giri pada mata pelajar SKI serta penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII MTs Sunan Giri Kabupaten Kediri. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian dengan observasi, kuesioner (angket) dan dokumentasi. Populasi penelitian ini sebanyak 59 siswa kelas VIII dan pengambilan sampel pada penelitian ini mengambil semua responden dari populasi yaitu sebanyak 59. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunkan teknik sampel populasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik Analisis Regresi Sederhana. Hasil penelitian deskriptif mengungkapkan bahwa gaya belajar siswa kelas VIII MTs Sunan Giri cenderung menggunakan gaya belajar visual, dengan persentase 88,13% dan nilai rata-rata prestasi belajar adalah 86,50. Maka dengan ini dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran SKI di MTs Sunan Giri dalam kategori sedang. Hasil analisis regresi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa gaya belajar tidak terdapat pengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran SKI di MTs Sunan Giri Kabupaten Kediri. Gaya belajar hanya memberikan kontribusi 3,4%, hal ini berarti gaya belajar tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar.