ctrlnum 1121
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/1121/</relation><title>Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Kesadaran Keagamaan Islam Para Siswa Melalui Nilai-Nilai KeNU-an (Studi Kasus: SMK Darissulaimaniyyah Trenggalek)</title><creator>Wahidin, Zubdatul</creator><subject>130211 Religion Curriculum and Pedagogy</subject><description>Islam adalah agama rahmatan lil alamin atau universal. Keunikan ajaran Islam adalah mampu beradaptasi ke berbagai belahan dunia yang berbeda dalam iklim dan geografisnya. Hal inilah yang mendasari organisasi NU untuk menterjemahkan islam ke budaya dan adat istiadat Indonesia sehingga bisa diterima oleh masyarakat. Oleh karena kesadaran dalam beragama membutuhkan pengajaran, maka NU membuat buku ajar ke-NU-an guna mendukung kearah tersebut. Maka dari itu peneliti mengambil judul upaya guru pendidikan agama islam dalam menanamkan kesadaran keagamaan islam melalui nila-nilai ke-NUan para siswa (studi kasus: SMK Darissulaimaniyyah Trenggalek). Fokus penelitian, 1. Bagaimana kesadaran keagamaan siswa di SMK Darissulaimaniyyah Trenggalek? 2. Bagaimana upaya guru dalam menanamkan kesadaran keagamaan melalui nilai-nilai ke-NU-an? 3. Bagaimana hasil dari penanaman kesadaran keagaaman melalui nilai-nilai ke-NU-an para siswa ? &#xD; Untuk mencapai tujuan penelitian di atas peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Kata-kata dan tindakan yang diperoleh dari wawancara merupakan sumber data utama dalam penelitian ini, sedangkan data tambahan berupa dokumen-dokumen. Dari beberapa data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi akan dilanjutkan dengan analisa data dengan cara menelaah seluruh data yang telah diperoleh. Kemudian dilanjutkan dengan mengordinasikan dan mengurutkan data ke dalam pola kategori dan satuan uraian dasar terhadap data yang telah terkumpul. Tahap akhir mengadakan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. &#xD; Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: 1) Kesadaran keagamaan islam para siswa di SMK Darissulaimaniyahtermasuk dalam kategori belum matang. 2) Upaya guru dalam menanamkan kesadaran keagamaan islam adalah melalui metode problem solving, pemberian nasehat, mentaati tata tertib dan membentuk sikap siswa berdasarkan kitab ta&#x2019;limul muta&#x2019;allim. 3) Hasil dari penanaman kesadaaran keagamaan islam adalah mampu menghargai pendapat temannya, pola hidup siswa menjadi teratur, tumbuhnya sikap saling menghargai kepada orang lain dan siswa mampu menjadi agen perubahan.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1121/1/932100114-Judul.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1121/2/932100114%20-%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1121/3/932100114%20-%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1121/4/932100114%20-%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1121/5/932100114%20-%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1121/6/932100114%20-%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1121/7/932100114%20-%20BAB%20VI.pdf</identifier><identifier> Wahidin, Zubdatul (2019) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Kesadaran Keagamaan Islam Para Siswa Melalui Nilai-Nilai KeNU-an (Studi Kasus: SMK Darissulaimaniyyah Trenggalek). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>1121</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Wahidin, Zubdatul
title Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Kesadaran Keagamaan Islam Para Siswa Melalui Nilai-Nilai KeNU-an (Studi Kasus: SMK Darissulaimaniyyah Trenggalek)
publishDate 2019
topic 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
url http://etheses.iainkediri.ac.id/1121/1/932100114-Judul.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1121/2/932100114%20-%20BAB%20I.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1121/3/932100114%20-%20BAB%20II.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1121/4/932100114%20-%20BAB%20III.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1121/5/932100114%20-%20BAB%20IV.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1121/6/932100114%20-%20BAB%20V.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1121/7/932100114%20-%20BAB%20VI.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1121/
contents Islam adalah agama rahmatan lil alamin atau universal. Keunikan ajaran Islam adalah mampu beradaptasi ke berbagai belahan dunia yang berbeda dalam iklim dan geografisnya. Hal inilah yang mendasari organisasi NU untuk menterjemahkan islam ke budaya dan adat istiadat Indonesia sehingga bisa diterima oleh masyarakat. Oleh karena kesadaran dalam beragama membutuhkan pengajaran, maka NU membuat buku ajar ke-NU-an guna mendukung kearah tersebut. Maka dari itu peneliti mengambil judul upaya guru pendidikan agama islam dalam menanamkan kesadaran keagamaan islam melalui nila-nilai ke-NUan para siswa (studi kasus: SMK Darissulaimaniyyah Trenggalek). Fokus penelitian, 1. Bagaimana kesadaran keagamaan siswa di SMK Darissulaimaniyyah Trenggalek? 2. Bagaimana upaya guru dalam menanamkan kesadaran keagamaan melalui nilai-nilai ke-NU-an? 3. Bagaimana hasil dari penanaman kesadaran keagaaman melalui nilai-nilai ke-NU-an para siswa ? Untuk mencapai tujuan penelitian di atas peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Kata-kata dan tindakan yang diperoleh dari wawancara merupakan sumber data utama dalam penelitian ini, sedangkan data tambahan berupa dokumen-dokumen. Dari beberapa data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi akan dilanjutkan dengan analisa data dengan cara menelaah seluruh data yang telah diperoleh. Kemudian dilanjutkan dengan mengordinasikan dan mengurutkan data ke dalam pola kategori dan satuan uraian dasar terhadap data yang telah terkumpul. Tahap akhir mengadakan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: 1) Kesadaran keagamaan islam para siswa di SMK Darissulaimaniyahtermasuk dalam kategori belum matang. 2) Upaya guru dalam menanamkan kesadaran keagamaan islam adalah melalui metode problem solving, pemberian nasehat, mentaati tata tertib dan membentuk sikap siswa berdasarkan kitab ta’limul muta’allim. 3) Hasil dari penanaman kesadaaran keagamaan islam adalah mampu menghargai pendapat temannya, pola hidup siswa menjadi teratur, tumbuhnya sikap saling menghargai kepada orang lain dan siswa mampu menjadi agen perubahan.
id IOS6979.1121
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2020-03-28T00:39:40Z
last_indexed 2021-03-26T11:51:34Z
recordtype dc
_version_ 1695295572490059776
score 17.538404