ctrlnum 112
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/112/</relation><title>Efektivitas Metode Ummi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur&#x2019;an Siswa di SD Plus Rahmat Banjaran Kota Kediri</title><creator>Khosiah, Ainun</creator><subject>130309 Learning Sciences</subject><description>Pembelajaran membaca al-Qur&#x2019;an bisa dimulai dari anak usia dini agar jiwa kereligiusan pada diri sang anak. Untuk mempermudah anak dalam melatih membaca al-Qur&#x2019;an terdapat berbagai macam metode salah satunya yaitu metode Ummi. Metode Ummi suatu metode membaca, menulis dan menghafal juz &#x201C;Amma dengan cara membaca cepat menggunakan lagu rost, serta metode yang efektif dan efesien untuk diterapkan, metode Ummi juga metode yang diterapkan di SD Plus Rahmat Banjaran Kediri. Penelitian ini adalah bermaksud untuk mengetahui Efektifitas Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca al-Qur&#x2019;an Siswa di SD Plus Rahmat Banjaran Kediri dengan fokus penelitianya adalah: 1) Bagaimana penerapan metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur&#x2019;an siswa di SD Plus Rahmat Banjaran Kediri, 2) Bagaimana efektivitas metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur&#x2019;an siswa di SD Plus Rahmat Banjaran Kediri. Pendekataan penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitiannya deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Penerapan metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur&#x2019;an siswa SD Plus Rahmat sesuai dengan kurikulum yang terdapat dalam pedoman Metode Ummi, dan terdapat program drill tambahan dengan tujuan siswa tuntas dalam mengejar materi yang diajarkan serta cepat langsung al-Qur&#x2019;an. Dalam hal evaluasi Ummi terdapat 3 tahap yaitu ujian dari dalam lembaga, pra munaqosyah oleh Ummi Daerah, dan terakhir Munaqosyah oleh penguji dari Ummi Daerah, 2) Metode Ummi sangat efektif diterapkan untuk meningkatkan kemampuan membaca alQur&#x2019;an, hal ini didasarkan pada indikator-indikator yang telah ditetapkan dan dapat dibuktikan dengan siswa SD Plus Rahmat Banjaran Kediri dalam kurun waktu &#xB1; 3 tahun tidak hanya mampu membaca al-Qur&#x2019;an secara baik dan benar (Mujawwad-Murattal), tetapi juga mampu meluluskan siswa-siswi yang sudah khatam baik dari jilid, al-Qur&#x2019;an, hafal juz Amma, kelas gharib dan tajwid serta telah berhasil mengikuti munaqosyah dengan hasil yang memuaskan.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/112/1/Lampiran%20Depan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/112/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/112/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/112/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/112/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/112/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/112/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/112/8/LAMPIRAN%20BELAKANG.pdf</identifier><identifier> Khosiah, Ainun (2017) Efektivitas Metode Ummi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur&#x2019;an Siswa di SD Plus Rahmat Banjaran Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>112</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Khosiah, Ainun
title Efektivitas Metode Ummi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di SD Plus Rahmat Banjaran Kota Kediri
publishDate 2017
topic 130309 Learning Sciences
url http://etheses.iainkediri.ac.id/112/1/Lampiran%20Depan.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/112/2/BAB%20I.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/112/3/BAB%20II.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/112/4/BAB%20III.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/112/5/BAB%20IV.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/112/6/BAB%20V.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/112/7/BAB%20VI.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/112/8/LAMPIRAN%20BELAKANG.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/112/
contents Pembelajaran membaca al-Qur’an bisa dimulai dari anak usia dini agar jiwa kereligiusan pada diri sang anak. Untuk mempermudah anak dalam melatih membaca al-Qur’an terdapat berbagai macam metode salah satunya yaitu metode Ummi. Metode Ummi suatu metode membaca, menulis dan menghafal juz “Amma dengan cara membaca cepat menggunakan lagu rost, serta metode yang efektif dan efesien untuk diterapkan, metode Ummi juga metode yang diterapkan di SD Plus Rahmat Banjaran Kediri. Penelitian ini adalah bermaksud untuk mengetahui Efektifitas Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca al-Qur’an Siswa di SD Plus Rahmat Banjaran Kediri dengan fokus penelitianya adalah: 1) Bagaimana penerapan metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa di SD Plus Rahmat Banjaran Kediri, 2) Bagaimana efektivitas metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa di SD Plus Rahmat Banjaran Kediri. Pendekataan penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitiannya deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Penerapan metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa SD Plus Rahmat sesuai dengan kurikulum yang terdapat dalam pedoman Metode Ummi, dan terdapat program drill tambahan dengan tujuan siswa tuntas dalam mengejar materi yang diajarkan serta cepat langsung al-Qur’an. Dalam hal evaluasi Ummi terdapat 3 tahap yaitu ujian dari dalam lembaga, pra munaqosyah oleh Ummi Daerah, dan terakhir Munaqosyah oleh penguji dari Ummi Daerah, 2) Metode Ummi sangat efektif diterapkan untuk meningkatkan kemampuan membaca alQur’an, hal ini didasarkan pada indikator-indikator yang telah ditetapkan dan dapat dibuktikan dengan siswa SD Plus Rahmat Banjaran Kediri dalam kurun waktu ± 3 tahun tidak hanya mampu membaca al-Qur’an secara baik dan benar (Mujawwad-Murattal), tetapi juga mampu meluluskan siswa-siswi yang sudah khatam baik dari jilid, al-Qur’an, hafal juz Amma, kelas gharib dan tajwid serta telah berhasil mengikuti munaqosyah dengan hasil yang memuaskan.
id IOS6979.112
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2019-03-28T03:33:29Z
last_indexed 2021-03-26T11:51:08Z
recordtype dc
_version_ 1695295564564922368
score 17.538404