ctrlnum 1113
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/1113/</relation><title>PENGARUH VARIASI METODE MENGAJAR DOSEN &#xD; TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN &#xD; TARBIYAH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM &#xD; STAIN KEDIRI</title><creator>Sevtiani, Carima Dwi</creator><subject>130199 Education systems not elsewhere classified</subject><description>ABSTRAK CARIMA DWI SEVTIANI, Dosen Pembimbing Dr. Iskandar Tsani, M. Ag. dan Salma Sunaiyah, S.Ag., M.Pd., Pengaruh Variasi Metode Mengajar Dosen terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Jurusan Tarbiyah Program Studi PAI STAIN Kediri, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Kediri, 2018. &#xD; &#xD; Kata Kunci: variasi metode mengajar, motivasi belajar &#xD; &#xD; Variasi metode mengajar berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa. Motivasi yang rendah dapat menimbulkan rasa malas dalam mengikuti pembelajaran, serta metode yang kurang bervariasi akan terasa monoton sehingga mahasiswa menjadi bosan. Untuk mengatahui pengaruh variasi metode mengajar dan motivasi belajar maka diperlukan penelitian agar memperoleh jawaban yang akurat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1) bagaimanakah metode mengajar dosen di jurusan tarbiyah prodi PAI STAIN Kediri?, 2) bagaimanakah motivasi belajar mahasiswa di jurusan tarbiyah prodi PAI STAIN Kediri dan 3) adakah pengaruh variasi metode mengajar dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa jurusan tarbiyah prodi PAI STAIN Kediri?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Data penelitian ini dikumpulkan melalui angket/kuesioner serta dokumentasi. Responden penelitian terdiri atas 270 orang mahasiswa PAI angkatan 2015, 2016, dan 2017. Analisis data diawali dengan tabulasi data, uji keterbacaan, uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, kemudian dilanjutkan dengan pengujian hipotesis yang berisi uji F, analisis regresi linier sederhana, uji t, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Rata-rata hasil variasi metode mengajar dosen 26,81 dengan standar devisiasi sebesar 3,469 yang mana dalam pengkategorian true score nilai tersebut dapat digolongkan ke dalam skor 27-32 (Baik), 2) Rata-rata motivasi belajar mahasiswa adalah 24,00 dengan standar devisiasinya sebesar 3,193 yang mana dalam pengkategorian true score nilai tersebut dapat digolongkan ke dalam skor 20-25 (Cukup) dan 3) Variasi metode mengajar dosen berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa jurusan Tarbiyah Prodi PAI sebesar 2,1% dan sisanya 97,9% dipengaruhi oleh faktor lain diluar faktor yang diteliti.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1113/1/932118214-%20Pra%20BAB.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1113/2/932118214-%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1113/3/932118214-%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1113/4/932118214-%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1113/5/932118214-%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1113/6/932118214-%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1113/7/932118214-%20BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1113/8/932118214-%20LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Sevtiani, Carima Dwi (2018) PENGARUH VARIASI METODE MENGAJAR DOSEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN TARBIYAH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM STAIN KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>1113</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Sevtiani, Carima Dwi
title PENGARUH VARIASI METODE MENGAJAR DOSEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN TARBIYAH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM STAIN KEDIRI
publishDate 2018
topic 130199 Education systems not elsewhere classified
url http://etheses.iainkediri.ac.id/1113/1/932118214-%20Pra%20BAB.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1113/2/932118214-%20BAB%20I.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1113/3/932118214-%20BAB%20II.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1113/4/932118214-%20BAB%20III.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1113/5/932118214-%20BAB%20IV.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1113/6/932118214-%20BAB%20V.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1113/7/932118214-%20BAB%20VI.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1113/8/932118214-%20LAMPIRAN.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1113/
contents ABSTRAK CARIMA DWI SEVTIANI, Dosen Pembimbing Dr. Iskandar Tsani, M. Ag. dan Salma Sunaiyah, S.Ag., M.Pd., Pengaruh Variasi Metode Mengajar Dosen terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Jurusan Tarbiyah Program Studi PAI STAIN Kediri, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Kediri, 2018. Kata Kunci: variasi metode mengajar, motivasi belajar Variasi metode mengajar berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa. Motivasi yang rendah dapat menimbulkan rasa malas dalam mengikuti pembelajaran, serta metode yang kurang bervariasi akan terasa monoton sehingga mahasiswa menjadi bosan. Untuk mengatahui pengaruh variasi metode mengajar dan motivasi belajar maka diperlukan penelitian agar memperoleh jawaban yang akurat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1) bagaimanakah metode mengajar dosen di jurusan tarbiyah prodi PAI STAIN Kediri?, 2) bagaimanakah motivasi belajar mahasiswa di jurusan tarbiyah prodi PAI STAIN Kediri dan 3) adakah pengaruh variasi metode mengajar dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa jurusan tarbiyah prodi PAI STAIN Kediri?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Data penelitian ini dikumpulkan melalui angket/kuesioner serta dokumentasi. Responden penelitian terdiri atas 270 orang mahasiswa PAI angkatan 2015, 2016, dan 2017. Analisis data diawali dengan tabulasi data, uji keterbacaan, uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, kemudian dilanjutkan dengan pengujian hipotesis yang berisi uji F, analisis regresi linier sederhana, uji t, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Rata-rata hasil variasi metode mengajar dosen 26,81 dengan standar devisiasi sebesar 3,469 yang mana dalam pengkategorian true score nilai tersebut dapat digolongkan ke dalam skor 27-32 (Baik), 2) Rata-rata motivasi belajar mahasiswa adalah 24,00 dengan standar devisiasinya sebesar 3,193 yang mana dalam pengkategorian true score nilai tersebut dapat digolongkan ke dalam skor 20-25 (Cukup) dan 3) Variasi metode mengajar dosen berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa jurusan Tarbiyah Prodi PAI sebesar 2,1% dan sisanya 97,9% dipengaruhi oleh faktor lain diluar faktor yang diteliti.
id IOS6979.1113
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2020-03-28T00:39:40Z
last_indexed 2021-03-26T11:51:34Z
recordtype dc
_version_ 1695295572457553920
score 17.538404