ctrlnum 111
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/111/</relation><title>Implementasi Tahfidz AlQur&#x2019;an Pada Kelas Unggulan Peminatan Keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2017/2018</title><creator>Fanani, Ahmad Zainal</creator><subject>130304 Educational Administration, Management and Leadership</subject><description>Sebagai seorang muslim, Al-Qur&#x2019;an adalah Kalamullah yang menjadi pedoman hidup dalam menjalani kehidupan. Al-Qur&#x2019;an wajib diyakini kebenarannya dengan mempelajari isi yang ada didalamnya. Salah satu upaya mempelajari Al-Qur&#x2019;an adalah dengan mengimplementasikan pembelajaran Tahfidz Al-Qur&#x2019;an di sekolahan. Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mengetahui latar belakang pembelajaran Tahfidz Al-Qur&#x2019;an pada kelas unggulan peminatan keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Nganjuk tahun pelajaran 2017/2018, (2) Mengetahui target hafalan dalam pembelajaran Tahfidz Al-Qur&#x2019;an pada kelas unggulan peminatan keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Nganjuk tahun pelajaran 2017/2018, (3) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran Tahfidz AlQur&#x2019;an pada kelas unggulan peminatan keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Nganjuk tahun pelajaran 2017/2018, (4) Mengetahui evaluasi pembelajaran Tahfidz Al-Qur&#x2019;an pada kelas unggulan peminatan keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Nganjuk tahun pelajaran 2017/2018 Penelitian ini mengunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Nganjuk. Pegumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah WAKA Kurikulum, koordinator guru Tahfidz, guru Tahfidz dan siswa kelas unggulan peminatan keagamaan. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan peneliti, ketekunan pengamatan, dan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Latar belakang pembelajaran Tahfidz Al-Qur&#x2019;an pada kelas unggulan peminatan keagamaan di MAN 2 Nganjuk di pengaruhi oleh melemahnya hafalan Al-Quran para Da&#x2019;i dan memfasilitasi siswa yang ingin menghafalkan Al-Qur&#x2019;an dalam lingkup sekolah formal. (2) Target hafalan dalam pembelajaran Tahfidz Al-Qur&#x2019;an pada kelas unggulan peminatan keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Nganjuk yakni siswa wajib menghafal 15 juz. tidak sampai 30 juz. (3) Pelaksanaan pembelajaran Tahfidz Al-Qur&#x2019;an pada kelas unggulan peminatan keagamaan di MAN 2 Nganjuk di laksanakan pada jam pelajaran Muatan Lokal Tahfidzul Qur&#x2019;an seminggu 2 kali waktunya 1x45 menit tatap muka, dan menggunakan metode Sorogan (4) Evaluasi pembelajaran Tahfidz Al-Qur&#x2019;an pada kelas unggulan peminatan keagamaan di MAN 2 Nganjuk dilakukan ketika UTS dan UAS, dan juga di akhir kelas XII, serta evaluasi dilakukan dengan cara mengadakan Majlis Sima&#x2019;an AlQur&#x2019;an setiap satu bulan sekali pada hari Ahad Pon yang bertempat di rumah para siswa dan rumah para guru, dengan tujuan untuk menguji hafalan siswa.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/111/1/i.%20Cover%20Skripsi_v.%20Halaman%20Pra-BAB.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/111/2/vi.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/111/3/vii.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/111/4/x.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/111/5/ix.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/111/6/x.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/111/7/xi.%20BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/111/8/xii.%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/111/9/xiii.%20Profil%20Penulis_xv.%20Lampiran-lampiran.pdf</identifier><identifier> Fanani, Ahmad Zainal (2017) Implementasi Tahfidz AlQur&#x2019;an Pada Kelas Unggulan Peminatan Keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>111</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Fanani, Ahmad Zainal
title Implementasi Tahfidz AlQur’an Pada Kelas Unggulan Peminatan Keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2017/2018
publishDate 2017
topic 130304 Educational Administration
Management and Leadership
url http://etheses.iainkediri.ac.id/111/1/i.%20Cover%20Skripsi_v.%20Halaman%20Pra-BAB.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/111/2/vi.%20BAB%20I.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/111/3/vii.%20BAB%20II.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/111/4/x.%20BAB%20V.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/111/5/ix.%20BAB%20IV.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/111/6/x.%20BAB%20V.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/111/7/xi.%20BAB%20VI.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/111/8/xii.%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/111/9/xiii.%20Profil%20Penulis_xv.%20Lampiran-lampiran.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/111/
contents Sebagai seorang muslim, Al-Qur’an adalah Kalamullah yang menjadi pedoman hidup dalam menjalani kehidupan. Al-Qur’an wajib diyakini kebenarannya dengan mempelajari isi yang ada didalamnya. Salah satu upaya mempelajari Al-Qur’an adalah dengan mengimplementasikan pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di sekolahan. Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mengetahui latar belakang pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an pada kelas unggulan peminatan keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Nganjuk tahun pelajaran 2017/2018, (2) Mengetahui target hafalan dalam pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an pada kelas unggulan peminatan keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Nganjuk tahun pelajaran 2017/2018, (3) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran Tahfidz AlQur’an pada kelas unggulan peminatan keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Nganjuk tahun pelajaran 2017/2018, (4) Mengetahui evaluasi pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an pada kelas unggulan peminatan keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Nganjuk tahun pelajaran 2017/2018 Penelitian ini mengunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Nganjuk. Pegumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah WAKA Kurikulum, koordinator guru Tahfidz, guru Tahfidz dan siswa kelas unggulan peminatan keagamaan. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan peneliti, ketekunan pengamatan, dan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Latar belakang pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an pada kelas unggulan peminatan keagamaan di MAN 2 Nganjuk di pengaruhi oleh melemahnya hafalan Al-Quran para Da’i dan memfasilitasi siswa yang ingin menghafalkan Al-Qur’an dalam lingkup sekolah formal. (2) Target hafalan dalam pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an pada kelas unggulan peminatan keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Nganjuk yakni siswa wajib menghafal 15 juz. tidak sampai 30 juz. (3) Pelaksanaan pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an pada kelas unggulan peminatan keagamaan di MAN 2 Nganjuk di laksanakan pada jam pelajaran Muatan Lokal Tahfidzul Qur’an seminggu 2 kali waktunya 1x45 menit tatap muka, dan menggunakan metode Sorogan (4) Evaluasi pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an pada kelas unggulan peminatan keagamaan di MAN 2 Nganjuk dilakukan ketika UTS dan UAS, dan juga di akhir kelas XII, serta evaluasi dilakukan dengan cara mengadakan Majlis Sima’an AlQur’an setiap satu bulan sekali pada hari Ahad Pon yang bertempat di rumah para siswa dan rumah para guru, dengan tujuan untuk menguji hafalan siswa.
id IOS6979.111
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2019-03-28T03:33:29Z
last_indexed 2021-03-26T11:51:08Z
recordtype dc
_version_ 1695295564558630912
score 17.538404