Penyesuaian diri anak berkebutuhan khusus di Sekolah Inklusi SDN Betet I
Main Author: | Bahiyah, Khoridatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etheses.iainkediri.ac.id/1084/1/933405513-prabab.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1084/2/933405513-bab1-3%266.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1084/3/933405513-full.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1084/4/933405513-Daftar%20Pustaka.pdf http://etheses.iainkediri.ac.id/1084/ |
Daftar Isi:
- Penelitian mengenai penyesuaian diri anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi didasari atas ketertarikan peneliti terhadap bagaimana gambaran penyesuaian diri yang dilakukan oleh anak berkebutuhan khusus dalam satu lingkup sekolah bersama anak normal. Karena menyesuaikan diri bersama anak normal bagi anak berkebutuhan khusus dengan kekurangan yang mereka miliki merupakan hal yang sulit dan membutuhkan perhatian yang khusus. Penelitian ini merupakan penelitian studi khasus. Informan dari penelitian ini sebanyak 9 orang, 5 anak berkebutuhan khusus kelas dua sebagai subyek utama, 4 guru pendamping sebagai informan tambahan. Informan dalam penelitian ini dipilih berdasarkan purpose sampling yang mana subyek dipilih berdasarkan pertimbangan tertentu karena subyek menjadi informan kunci dalam penelitian ini. Data dari penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dan observasi secara mendalam pada informan. Hasil dari penelitian ini adalah diperoleh bentuk-bentuk penyesuaian diri berdasarkan teori Gerungan yang dilakukan oleh anak berkebutuhan khusus yaitu bentuk adaptive meliputi pengendalian diri serta membaur dengan lingkungan dan adjuctive meliputi mematuhi tata tertib sekolah serta mengikuti kegiatan sekolah. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri anak berkebutuhan khusus meliputi keadaan lingkungan keluarga dan pendidikan, dukungan sosial orang tua dan teman sebaya serta penerimaan guru, dan kepribadian yang meliputi kepribadian intravert ekstravert.