Daftar Isi:
  • Standar sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu upaya penunjang hasil pembelajaran di sekolah. Guru harus memperhatikan penggunaan sarana dan prasarana agar bermanfaat dalam kegiatan pembelajaran, serta penggunaan sarana dan prasarana dapat efektif dan efisien sesuai dengan tujuan pendidikan. Fokus penelitian ini adalah: 1. Bagaimana efektivitas pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan dalam menunjang proses pembelajaran siswa di MTs Raudlatut Thalabah Kolak Ngadiluwih Kediri? 2. Apa saja unsur-unsur pendukung efektivitas pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan dalam menunjang hasil pembelajaran siswa di MTs Raudlatut Thalabah Kolak Ngadiluwih Kediri? 3. Apa saja unsur-unsur penghambat efektivitas pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan dalam menunjang hasil pembelajaran siswa di MTs Raudlatut Thalabah Kolak Ngadiluwih Kediri? Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis pendekatan kualitatif untuk mengumpulkan data penelitian, penelitian ini menggunakan metode yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik eksploratif dan deskriptif, untuk pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan trianggulasi, tahap-tahap penelitian melalui pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, analisis data dan tahap penulisan laporan data. Dalam hasil penelitian menunjukkan bahwa: a). pengadaan sarana dan prasarana didapatkan dari pemerintah dan sumbangan dengan cara mengajukan proposal. b). penggunaan sarana harus sesuai prosedur dan semua warga sekolah wajib merawatnya. c). untuk menghadapi kurangnya sarana dan prasarana di MTs Raudlatut Thalabah pihak madrasah akan segera melengkapi dan meminta semua guru maupun siswa untuk memanfaatkan sarana yang telah disediakan sekolah. d). bantuan dana BOS dan BOSDA, perhatian/keterampilan guru, dukungan orang tua siswa dan komite sekolah adalah unsur pendukung dalam menunjnag hasil pembelajaran siswa MTs Raudlatut Thalabah. e). lambatnya bantuan dari pemerintah daerah dan pemerintah pusat dan rendahnya partisipasi orang tua siswa merupakan unsur penghambat dalam menunjang hasil pembelajaran siswa MTs Raudlatut Thalabah.