Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII E MTs Negeri 1 Kota Kediri karena rendahnya nilai pada saat ujian praktek shalat yang mengakibatkan semakin menurunya hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti di MTs Negeri 1 Kota Kediri, menurunya hasil belajar siswa disebabkan oleh kurang tertariknya siswa dalam mempelajari materi pelajaran karena media yang digunakan oleh guru dirasa monoton atau kurang variasi. Oleh karena itu tingkat pencapaian pemahaman dalam materi tersebut menjadi kurang maksimal. Banyak sekali media pembelajaran yang bisa digunakan oleh guru. Pada penelitian ini peneliti menggunakan media Audio Visual yang mana media ini belum pernah digunakan oleh guru. Dimana media Audio Visual dibagi menjadi dua jenis yaitu media Audio Visual murni meliputi : (a) film gerak bersuara, (b) televisi dan, (c) vidio. Sedangkan media Audio Visual tidak murni meliputi : (a) slide dan, (b) OHP. Pada penelitian ini media yang akan digunakan adalah media berupa video dan slide. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun subyek dari penelitian ini yaitu siswa kelas VII E MTs Negeri 1 Kota Kediri. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tas serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran dengan menggunaan media Audio Visual terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih materi shalat jama’ dan qasar di kelas VII E MTs Negeri 1 Kota Kediri, 2) Hasil belajar siswa semakin meningkat dapat dilihat dari semakin meningkatnya hasil belajar siswa pada pra siklus dengan nilai rata-rata 65,3 lalu nilai ketuntasan siswa 30,5%, siklus I dengan nilai rata-rata 74,8 dan nilai ketuntasan siswa 50% , siklus II dengan nilai rata-rata 80,9 dan nilai ketuntasan siswa 72,2%, sedangkan di siklus III dengan nilai rata-rata 83,8 dan nilai ketuntasan siswa 94,4%.