Daftar Isi:
  • Keberhasilan pendidikan di sekolah sangat ditentukan oleh keberhasilan kepala sekolah dalam mengelola tenaga kependidikan yang tersedia di sekolah., hal yang paling utamanya upaya kepala sekolah meningkatkan mutu pendidikansekolah. Dalam arti normatif mutu ditentukan berdasarkan pertimbangan (kriteria) intrinsik dan ekstrinsik. Berdasarkan intrinsik, mutu pendidikan merupakan produk pendidikan sesuai dengan standart ideal. Berdasarkan ekstrinsik, mutu pendidikan merupakan instrumen untuk mendidik tenaga kerja yang terlatih. Adapun tujuan diadakannya penelitian ini ialah: 1. Untuk mengetahuiupaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu kurikulum pendidikan di SMAN 1 Mojo Kediri, 2. Untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sarana prasarana pendidikan di SMAN 1 Mojo Kediri 3. Untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu presatsi akademik dan non akademik pendidikan di SMAN 1Mojo Kediri. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengumpulkan data penelitian, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangakan untuk menganalisis data, peneliti menggunakan teknik eksporatif dan deskriptif, untuk pengecekan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi, tahap-tahap penelitian melalui tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, analisis data dan tahap penulisan laporan. Dalam hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa: 1. upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu kurikulum pendidikan di SMAN 1 Mojo Kediri yakni penerapan kurikulum 2013 dan kurikulum tambahan ada tambahan lagi yaitu Double Treeqdengan sistemVokasi 2. upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sarana prasarana pendidikan di SMAN 1 Mojo dengan adannyaPerencanaanprasaranasarana, pengadaan prasaranasarana, pemeliharaan prasaranasarana dan Proses penghapusan sarana prasarana sekolah 3.upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu prestasi akademik dan non akademik di SMAN 1 Mojo adanya bembimbingan atau motivasi dari guru terhadap siswanya, mengatur jadwal kegiatan dalam upaya meningkatkan mutu prestasi akademik dan non akademik di SMAN 1 Mojo