Daftar Isi:
  • Dalam kegiatan belajar mengajar dan mengajar, sangat penting bagi seorang guru untuk mempunyai berbagai metode. Ia harus mempunyai wawasan yang luas tentang bagaimanakah kegiatan belajar-mengajar itu terjadi, dan langkah-langkah apakah yang harus ia tempuh dalam kegiatan tersebut. Jika seorang guru tidak mempunyai metode dalam mengajar, apa lagi tidak menguasai materi yang hendak disampaikan, maka kegiatan belajar dan mengajar tersebut tidak akan maksimal bahkan cenderung gagal. Hal ini di perkuat oleh hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti sebelum melakukan penelitian dan terbukti saat pelajaran di mulai banyak siswa yang bebrbicara sendiri. Hal ini di duga akan mempengaruhi siswa di dalam kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana penerapan metode diskusi kelas pada kelas sepuluh di madrasah Aliyah AL-ISLAM nganjuk. 2) apakah metode diskusi meningkatkan maharah kalam pada kelas sepuluh di madrasah Aliyah AL-ISLAM nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dalam cara dan metodenya yang melibatkan siswa kelas sepuluh di madrasah Aliyah AL-ISLAM nganjuk. Pengumpulan data dilakukan dengan cara Observasi, Wawancara, Test, dan Dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh untuk menjawab rumusan masalah adalah : 1) peneliti menggunakan metode diskusi dalam pembelajarannya yang mana mewajibkan siswa untuk berbicara bahasa arab dalam membahas suatu judul pelajaran. 2) berdasarkan atas data yang di peroleh peneliti bahwa nilai siswa kelas sepuluh di madrasah Aliyah AL-ISLAM nganjuk meningkat dengan adanya metode diskusi . hal ini terbukti dari rata-rata nilai siswa dari 65 menjadi 80 setlah adanya metode diskusi.