ctrlnum 1012
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/1012/</relation><title>Pengaruh Kecerdasan Intelektual (IQ), Self Efficacy dan Self Regulated Learning Terhadap Kemampuan Menghafal AlQur&#x2019;an Siswa Kelas Tahfidz Di MTs Sunan Ampel Semanding Tertek Pare Kabupaten Kediri</title><creator>Mustaqimah, Roisatul</creator><subject>130303 Education Assessment and Evaluation</subject><description>Akhir-akhir ini program tahfidz Al-Qur&#x2019;an banyak diselenggarakan di sekolah-sekolah maupun madrasah. Harapannya, melalui proses menghafal AlQur&#x2019;an akan mampu membentuk kepribadian Qur&#x2019;ani pada diri siswa yang tercermin dalam tingkah laku dan pola pikirnya serta mampu menguatkan akidah dan mengokohkan iman. Salah satu lembaga/madrasah yang menyelenggarakan program kelas Tahfidz Al-Qur&#x2019;an sebagai program unggulan adalah MTs Sunan Ampel Semanding Tertek Pare. Target minimal hafalan yang harus dicapai siswa adalah 6 juz namun pada prakteknya 65 % siswa bisa melampaui standar 6 juz pada akhir kelas 9. Ketercapaian hafalan yang mampu melebihi target madrasah ini kemudian mendorong penulis untuk melakukan penelitian di tempat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh IQ, Self Efficacy dan Self Regulated Learning (variabel intervening) terhadap kemampuan menghafal Al-Qur&#x2019;an siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian analisis jalur (path analysis). Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas 8B dan 9B sejumlah 58 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket, tes tulis, tes lisan dan dokumentasi. Seluruh analisis yang dilakukan memanfaatkan aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solution) Version 21.0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari delapan hipotesis yang peneliti ajukan, hanya dua hipotesis yang menunjukkan pengaruh signifikan. Sisanya sebanyak enam hipotesis menunjukkan pengaruh yang tidak signifikan. Dua hipotesis yang menunjukkan pengaruh signifikan yaitu Self efficacy terhadap Self Regulated Learning sebesar 55,7 % dan Self Efficacy terhadap kemampuan menghafal Al-Qur&#x2019;an sebesar 29,6 %. Adapun hipotesis yang menunjukkan pengaruh yang tidak signifikan yaitu kecerdasan intelektual (IQ) terhadap self efficacy, kecerdasan intelektual (IQ) terhadap self regulated learning, kecerdasan intelektual (IQ) terhadap kemampuan menghafal Al-Qur&#x2019;an, Self Regulated Learning terhadap kemampuan menghafal Al-Qur&#x2019;an, IQ dan self efficacy terhadap kemampuan menghafal Al-Qur&#x2019;an melalui self regulated learning (variabel intervening).</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1012/1/92101016022-prabab.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1012/2/92101016022-BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1012/3/92101016022-BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1012/4/92101016022-BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1012/5/92101016022-BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1012/6/92101016022-BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1012/7/92101016022-BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1012/8/92101016022-DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Mustaqimah, Roisatul (2018) Pengaruh Kecerdasan Intelektual (IQ), Self Efficacy dan Self Regulated Learning Terhadap Kemampuan Menghafal AlQur&#x2019;an Siswa Kelas Tahfidz Di MTs Sunan Ampel Semanding Tertek Pare Kabupaten Kediri. Masters thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>1012</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Mustaqimah, Roisatul
title Pengaruh Kecerdasan Intelektual (IQ), Self Efficacy dan Self Regulated Learning Terhadap Kemampuan Menghafal AlQur’an Siswa Kelas Tahfidz Di MTs Sunan Ampel Semanding Tertek Pare Kabupaten Kediri
publishDate 2018
isbn 92101016022
topic 130303 Education Assessment and Evaluation
url http://etheses.iainkediri.ac.id/1012/1/92101016022-prabab.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1012/2/92101016022-BAB%20I.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1012/3/92101016022-BAB%20II.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1012/4/92101016022-BAB%20III.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1012/5/92101016022-BAB%20IV.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1012/6/92101016022-BAB%20V.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1012/7/92101016022-BAB%20VI.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1012/8/92101016022-DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1012/
contents Akhir-akhir ini program tahfidz Al-Qur’an banyak diselenggarakan di sekolah-sekolah maupun madrasah. Harapannya, melalui proses menghafal AlQur’an akan mampu membentuk kepribadian Qur’ani pada diri siswa yang tercermin dalam tingkah laku dan pola pikirnya serta mampu menguatkan akidah dan mengokohkan iman. Salah satu lembaga/madrasah yang menyelenggarakan program kelas Tahfidz Al-Qur’an sebagai program unggulan adalah MTs Sunan Ampel Semanding Tertek Pare. Target minimal hafalan yang harus dicapai siswa adalah 6 juz namun pada prakteknya 65 % siswa bisa melampaui standar 6 juz pada akhir kelas 9. Ketercapaian hafalan yang mampu melebihi target madrasah ini kemudian mendorong penulis untuk melakukan penelitian di tempat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh IQ, Self Efficacy dan Self Regulated Learning (variabel intervening) terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian analisis jalur (path analysis). Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas 8B dan 9B sejumlah 58 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket, tes tulis, tes lisan dan dokumentasi. Seluruh analisis yang dilakukan memanfaatkan aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solution) Version 21.0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari delapan hipotesis yang peneliti ajukan, hanya dua hipotesis yang menunjukkan pengaruh signifikan. Sisanya sebanyak enam hipotesis menunjukkan pengaruh yang tidak signifikan. Dua hipotesis yang menunjukkan pengaruh signifikan yaitu Self efficacy terhadap Self Regulated Learning sebesar 55,7 % dan Self Efficacy terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an sebesar 29,6 %. Adapun hipotesis yang menunjukkan pengaruh yang tidak signifikan yaitu kecerdasan intelektual (IQ) terhadap self efficacy, kecerdasan intelektual (IQ) terhadap self regulated learning, kecerdasan intelektual (IQ) terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an, Self Regulated Learning terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an, IQ dan self efficacy terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an melalui self regulated learning (variabel intervening).
id IOS6979.1012
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2020-03-03T17:56:27Z
last_indexed 2021-03-26T11:51:31Z
recordtype dc
_version_ 1695295571772833792
score 17.538404