ctrlnum 1007
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etheses.iainkediri.ac.id/1007/</relation><title>Hubungan antara Motivasi Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di UPTD SMPN 2 Kunjang Kediri</title><creator>Rizka, Fitrotur</creator><subject>130303 Education Assessment and Evaluation</subject><description>Motivasi belajar adalah kekuatan yang berasal dari seseorang yang mendorong seseorang tersebut untuk melakukan kegiatan belajar demi mencapai tujuan pembelajaran dan merupakan penentu sikap individu dalam bertingkah laku, artinya apabila individu cenderung berfikir akan berhasil, maka hal ini merupakan kekuatan atau dorongan yang akan membuat individu menuju kesuksesan. Motivasi belajar juga memegang peranan yang sangat penting dalam memberikan gairah, semangat, rasa senang dalam belajar. Sehingga siswa yang mempunyai motivasi yang tinggi, memiliki energi yang banyak dan memiliki semangat yang menggebu-gebu, maka sedikit pula kesalahan yang dilakukan siswa dalam belajar. Prestasi belajar adalah hasil dari suatu kegiatan yang dikerjakan, diciptakan baik secara individu maupun kelompok. Atas dasar ini, maka dilakukan penelitian tentang Hubungan antara Motivasi Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di UPTD SMPN 2 Kunjang Kediri. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1. Bagaimana motivasi belajar siswa di UPTD SMPN 2 Kunjang Kediri? 2. Bagaimana prestasi belajar siswa di UPTD SMPN 2 Kunjang Kediri? 3. Bagaimana signifikasi hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di UPTD SMPN 2 Kunjang Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi siswa kelas VIII yang berjumlah 338 siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah 172 siswa, instrumen dan metode yang digunakan adalah angket dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil yang didapat dari penelitian yaitu perhitungan hasil angket tentang motivasi belajar diperoleh hasil nilai mean (rata-rata) sebesar 128,82 yang dapat digolongkan tinggi. Prestasi belajar siswa diperoleh nilai mean (rata-rata) sebesar 86,02 yang dapat dikategorikan baik sekali. Dan koefiensi korelasi antara hubungan motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar sebesar 0,338 adalah signifikan, sehingga didapatkan koefisien determinasi sebesar 0,11. Hal ini berarti pada variabel prestasi belajar 11,42% ditentukan oleh variabel motivasi belajar. Jadi, pada penelitian ini ada hubungan antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di UPTD SMPN 2 Kunjang Kediri.</description><date>2015</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1007/1/932114008-prabab.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1007/2/932114008-bab1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1007/3/932114008-bab2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1007/4/932114008-bab3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1007/5/932114008-bab4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1007/6/932114008-bab5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1007/7/932114008-bab6.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1007/8/932114008-DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://etheses.iainkediri.ac.id/1007/9/932114008-lampiran.pdf</identifier><identifier> Rizka, Fitrotur (2015) Hubungan antara Motivasi Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di UPTD SMPN 2 Kunjang Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. </identifier><recordID>1007</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Rizka, Fitrotur
title Hubungan antara Motivasi Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di UPTD SMPN 2 Kunjang Kediri
publishDate 2015
topic 130303 Education Assessment and Evaluation
url http://etheses.iainkediri.ac.id/1007/1/932114008-prabab.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1007/2/932114008-bab1.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1007/3/932114008-bab2.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1007/4/932114008-bab3.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1007/5/932114008-bab4.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1007/6/932114008-bab5.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1007/7/932114008-bab6.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1007/8/932114008-DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1007/9/932114008-lampiran.pdf
http://etheses.iainkediri.ac.id/1007/
contents Motivasi belajar adalah kekuatan yang berasal dari seseorang yang mendorong seseorang tersebut untuk melakukan kegiatan belajar demi mencapai tujuan pembelajaran dan merupakan penentu sikap individu dalam bertingkah laku, artinya apabila individu cenderung berfikir akan berhasil, maka hal ini merupakan kekuatan atau dorongan yang akan membuat individu menuju kesuksesan. Motivasi belajar juga memegang peranan yang sangat penting dalam memberikan gairah, semangat, rasa senang dalam belajar. Sehingga siswa yang mempunyai motivasi yang tinggi, memiliki energi yang banyak dan memiliki semangat yang menggebu-gebu, maka sedikit pula kesalahan yang dilakukan siswa dalam belajar. Prestasi belajar adalah hasil dari suatu kegiatan yang dikerjakan, diciptakan baik secara individu maupun kelompok. Atas dasar ini, maka dilakukan penelitian tentang Hubungan antara Motivasi Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di UPTD SMPN 2 Kunjang Kediri. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1. Bagaimana motivasi belajar siswa di UPTD SMPN 2 Kunjang Kediri? 2. Bagaimana prestasi belajar siswa di UPTD SMPN 2 Kunjang Kediri? 3. Bagaimana signifikasi hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di UPTD SMPN 2 Kunjang Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi siswa kelas VIII yang berjumlah 338 siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah 172 siswa, instrumen dan metode yang digunakan adalah angket dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil yang didapat dari penelitian yaitu perhitungan hasil angket tentang motivasi belajar diperoleh hasil nilai mean (rata-rata) sebesar 128,82 yang dapat digolongkan tinggi. Prestasi belajar siswa diperoleh nilai mean (rata-rata) sebesar 86,02 yang dapat dikategorikan baik sekali. Dan koefiensi korelasi antara hubungan motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar sebesar 0,338 adalah signifikan, sehingga didapatkan koefisien determinasi sebesar 0,11. Hal ini berarti pada variabel prestasi belajar 11,42% ditentukan oleh variabel motivasi belajar. Jadi, pada penelitian ini ada hubungan antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di UPTD SMPN 2 Kunjang Kediri.
id IOS6979.1007
institution IAIN Kediri
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 2572
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Kediri
library_id 2008
collection etheses IAIN Kediri
repository_id 6979
subject_area pendidikan
ekonomi dan bisnis
syariah
dakwah
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6979
first_indexed 2020-02-07T08:06:36Z
last_indexed 2021-03-26T11:51:31Z
recordtype dc
_version_ 1695295571747667968
score 17.538404