PENINGKATAN LITERASI TERHADAP LEMBAGA JASA KEUANGAN BANK PADA MASYARAKAT KELURAHAN CAWANG JAKARTA TIMUR

Main Authors: Purnama, Riwandari Juniasti, Edison Siregar, Lis Sintha Oppusunggu, Fery Tobing
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), Univesitas Kristen Indonesia , 2020
Online Access: http://ejournal.uki.ac.id/index.php/cs/article/view/1938
http://ejournal.uki.ac.id/index.php/cs/article/view/1938/1570
Daftar Isi:
  • Banyak masyarakat telah mengenal lembaga perbankan namun belum semua mampu mengakses bank dan memanfaatkan produk dan jasa perbankan serta paham akan risiko yang dihadapi. Melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di Kelurahan Cawang Jakarta Timur dilakukan edukasi keuangan untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat di Kelurahan Cawang Jakarta Timur terhadap lembaga jasa keuangan bank, produk jasa lembaga jasa keuangan, cara mengakses lembaga keuangan khususnya perbankan,  tentang manfaat serta risiko menggunakan produk lembaga jasa keuangan, termasuk memberikan pengetahuan bagaimana mengajukan kredit ke bank, pengetahuan tentang peran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).  Metode yang dilakukan adalah melakukan edukasi keuangan dan untuk melihat dampak atas materi yang disampaikan, dilakukan evaluasi berupa pre-test dan post test pada peserta yang hadir di kelurahan tersebut. Hasil PkM menunjukkan bahwa literasi peserta PkM di Kelurahan Cawang Jakarta Timur sudah cukup baik, karena telah mengenal OJK. LPS dan bank serta telah bertransaksi di bank. Setelah dilakukan edukasi keuangan 61,30% peserta mengalami peningkatan literasi. Peningkatan literasi juga ditentukan oleh jenjang pendidikan, usia dan gender. Peserta PkM dapat dikatakan telah memiliki pengetahuan dan keyakinan tentang lembaga jasa keuangan serta produk dan jasa keuangan, termasuk fitur, manfaat dan risiko, hak dan kewajiban terkait produk dan jasa keuangan.   Kata kunci: edukasi keuangan; literasi keuangan; perbankan
  • Abstract Many people are familiar with banking institutions but not all are able to access banks and utilize banking products and understand the risks they face. Through Community Service activities in Cawang Village, East Jakarta, financial education is conducted to improve public financial literacy in Cawang Village, East Jakarta on financial services, financial services products, and how to get access to financial institutions especially banks, including providing knowledge on how to apply for credit to banks, as well as knowledge about the role of the Financial Services Authority (OJK) and the Deposit Insurance Corporation (LPS). The method used is financial education and to see the results of the impact on the material presented, an evaluation is carried out in the form of pre-test and post-test for participants present in the Kelurahan. The results of the PkM show that the literacy of PkM participants in Cawang Village in East Jakarta is quite good, because they already know OJK. LPS and banks and have transacted at banks. After financial education, 61.30% of participants experienced an increase in literacy. Literacy improvement is also determined by levels of education, age and gender. PkM participants can be said to have knowledge and confidence about financial service institutions and financial products and services, including features, benefits and risks, rights and obligations related to financial products and services   Keywords: financial education; financial literacy; banking