Pengaruh Atribut Produk Wisata, Word of Mouth dan Place Branding Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan ( Studi Pada Pengunjung Pantai Panduruan Watu Bale)
Main Author: | Danu Tri Prayogo |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
STIE Putra Bangsa
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://lib.stieputrabangsa.ac.id:80/index.php?p=show_detail&id=7202 http://lib.stieputrabangsa.ac.id:80/repository/145501860.pdf |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa besar pengaruh Atribut Produk Word Of Mouth, dan place branding, keputusan wisatawan untuk mengunjungi objek wisata Pantai Panduruan Watu Bale. Penelitian ini dimotivasi oleh peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Pantai Panduruan Watu Bale. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel 100 responden yang mengunjungi wisata Pantai Panduruan Watu Bale. Metode penelitian ini, menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Data diperoleh dari kuesioner, kemudian diolah dan dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda melalui perangkat lunak SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel independen dari place branding memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen yaitu keputusan berkunjung dengan menggunakan uji t. Sedangkan atribut produk wisata dan word of mouth tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung dengan menggunakan uji t. Kemudian melalui uji f menunjukkan bahwa ketiga variabel independen tersebut tepat untuk menguji variabel dependen. Adjusted R Square sebesar 0,427 menunjukkan bahwa variabel independen dapat menjelaskan 42,7% variabel dependen yaitu keputusan untuk berkunjung, sedangkan sisanya 57,3% dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Kata kunci : atribut produk wisata, word of mouth, place branding dan keputusan berkunjung.