Analisis Pengaruh Citra Merek, Iklan dan Kelompok Referensi terhadap Keputusan Pembelian dengan Minat Beli sebagai Variabel Intervening pada Produk Lipstik Wardah (Studi pada Mahasiswi STIE Putra Bangsa Kebumen)
Main Author: | Ismi Mufidatun Mawadah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
STIE Putra Bangsa
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://lib.stieputrabangsa.ac.id:80/index.php?p=show_detail&id=7170 http://lib.stieputrabangsa.ac.id:80/repository/145501904.pdf |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis bagaimana pengaruh dari citra merek, iklan dan kelompok terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening pada produk lipstik Wardah. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Dengan menggunkan metode purrposive sampling, penelitian ini mengambil sampel 100 responden pada mahasiswi STIE Putra Bangsa Kebumen. Hipotesis diuji menggunakan teknik analisis jalur dengan bantuan program SPSS 22.00 for windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan uji validitas semua pernyataan yang digunakan dalam variabel citra merek, iklan, kelompok referensi, minat beli dan keputusan pembelian dinyatakan valid. Berdasarkan hasil uji reliabilitas, semua variabel dinyatakan reliabel. Berdasarkan hasil uji t citra merek, iklan dan kelompok referensi berpengaruh signifkan terhadap minat beli. Citra merek, iklan, kelompok referensi dan minat beli berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil pengujian koefisien determinasi menunjukan bahwa nilai Adjusted R 2 struktur 1 sebesar 0,536 artinya 53,6% variabel minat beli dapat dijelaskan oleh variabel citra merek, iklan, dan kelompok referensi, sedangkan sisanya 46,4% dapat dijelaskan oleh variabel lain. Nilai Adjusted R 2 struktur 2 sebesar 0,593 artinya 59,3% variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel citra merek, iklan, kelompok referensi dan minat beli sedangkan sisanya 40,7% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak ada dalam model penelitian ini. Kata Kunci : Citra Merek, Iklan, Kelompok Referensi, Minat Beli dan Keputusan Pembelian