Pengaruh Citra Merek, Kualitas produk dan Personalitas Merek terhadap Loyalitas Merek Shampoo Pantene (Studi pada Konsumen Wanita di Kebumen)

Main Author: Ayu Istikomah
Format: Bachelors
Terbitan: STIE Putra Bangsa , 2018
Subjects:
Online Access: http://lib.stieputrabangsa.ac.id:80/index.php?p=show_detail&id=7113
http://lib.stieputrabangsa.ac.id:80/repository/JURNAL+-+AYU+ISTIKOMAH.pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, kualitas produk dan personalitas merek terhadap loyalitas merek shampoo Pantene di Kebumen. Populasi penelitian ini adalah konsumen wanita di Kabupaten Kebumen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan metode analisis statistik dengan menggunakan SPSS versi 21. Dalam metode analisis statistik, dilakukan uji validitas, reliabilitas, normalitas, multikolinieritas, heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda, parsial, simultan dan koefisien determinasi. Pengujian hipotesis dalam uji parsial menunjukkan bahwa citra merek secara parsial mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek shampoo Pantene di Kebumen. Kualitas produk secara parsial mempunyai pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas merek shampoo Pantene di Kebumen. Personalitas merek secara parsial mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek shampoo Pantene di Kebumen. Pengujian hipotesis dalam uji simultan menunjukkan bahwa citra merek, kualitas produk dan personalitas merek secara simultan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek shampoo Pantene di Kebumen. Dalam uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa nilai Adjusted R Square sebesar 0,406. Hal ini berarti sebesar 40,6% loyalitas merek dapat dijelaskan oleh variabel citra merek, kualitas produk dan personalitas merek sedangkan sisanya sebesar 59,4% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak ada dalam model penelitian ini. Kata Kunci : Citra Merek, Kualitas Produk, Personalitas Merek, Loyalitas Merek.