Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Harga, dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Keputusan Perpindahan Merek Indomie Ke mie Sedap di Wilayah Kecamatan Klirong
Main Author: | Teguh Winarko |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
STIE Putra Bangsa
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://lib.stieputrabangsa.ac.id:80/index.php?p=show_detail&id=7065 http://lib.stieputrabangsa.ac.id:80/repository/145501958.pdf |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh ketidakpuasan konsumen, harga, dan kebutuhan mencari variasi terhadap keputusan perpindahan merek Indomie ke Mie Sedaap di wilayah Kecamatan Klirong. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dengan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini mengambil sampel 100 responden pada masyarakat di wilayah Kecamatan Klirong. Hipotesis diuji menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 22.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua pernyataan yang digunakan dalam variabel ketidakpuasan konsumen, harga, dan kebutuhan mencari variasi dinyatakan valid dan reliabel. Hasil uji secara parsial menunjukkan bahwa ketidakpuasan konsumen dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan perpindahan merek, sedangkan kebutuhan mencari variasi berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan perpindahan merek. Hasil secara simultan menunjukkan bahwa secara bersama-sama ketidakpuasan konsumen, harga, dan kebutuhan mencari variasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan perpindahan merek. Hasil pengujian koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa nilai Adjust R Square sebesar 0,501 atau 50,1%. Hal ini berarti bahwa variabel ketidakpuasan konsumen, harga, dan kebutuhan mencari variasi dapat menjelaskan pengaruhnya terhadap keputusan peprindahan merek sebesar 50,1% dan sisanya sebesar 49,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini. Kata kunci: ketidakpuasan konsumen, harga, dan kebutuhan mencari variasi dan keputusan peprindahan merek.