Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Celebrity Endorse Terhadap minat Beli dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening (Survey pada Mahasiswa Jurusan Manajemen STIE Putra Bangsa Kebumen yang Pernah Melihat Iklan Sprite Versi Cak Lontong)
Main Author: | Nova Ida Fuaza |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
STIE Putra Bangsa
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://lib.stieputrabangsa.ac.id:80/index.php?p=show_detail&id=6964 http://lib.stieputrabangsa.ac.id:80/repository/145501929.pdf |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh daya tari k iklan dan celebrity endorser terhadap minat beli melalui citra merek sebagai variabel intervening. Populasi yang digunakan adalah seluruh Mahasiswa Jurusan Manajemen STIE Putra Bangsa Kebumen. Pengumpulan sampel menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 100 orang dengan pertimbangan yang digunakan sebagai berikut : responden penelitian yang digunakan adalah Mahasiswa yang berusia minimal 17 tahun dan pernah melihat iklan Sprite Versi Cak Lontong. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Path Analysis. Penelitian ini menggunakan satu variabel intervening di dalamnya yaitu citra merek sebagai variabel mediasi dari minat beli, sehingga menghasilk an dua persamaan substruktural. Pada persamaan I hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik iklan tidak berpengaruh terhadap citra merek sedangkan celebrity endorser berpengaruh terhadap citra merek. Untuk persamaan II hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya variabel daya tarik iklan yang tidak berpengaruh terhadap minat beli, sedangkan variabel celebrity endorser dan citra merek memiliki pengaruh terhadap minat beli. Kata Kunci : Daya tarik Iklan, Celebrity Endorser, Citra merek, Minat Beli.