Nasionalisme dan religiusitas dalam film soegija (analisis studi semiotika charles sanders peirce)
Main Author: | Toar, Christika Angelita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/749/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf http://kc.umn.ac.id/749/2/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/749/3/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/749/4/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/749/5/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/749/6/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/749/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/749/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/749/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan dikarenakan adanya kontroversi mengenai film Soegija, dimana orang-orang merasa film ini di buat sebagai media kristenisasi yang dibalut dalam film nasionalisme. Peneliti ingin mengetahui apakah tanda-tanda religiusitas dan nasionalisme yang ditunjukkan dalam film ini dan makna dari tanda tersebut.. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Semiotika dalam Komunikasi, teori Makna dan Tanda Komunikasi, Film sebagai Komunikasi, Nasionalisme dan Religiusitas. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivis dengan pendekatan penelitian adalah kualitatif. Unit analisis yang digunakan adalah tokoh; bangunan dan lokasi; tanda verbal dan non-visual; tanda visual; sekuens, scene danshot. Teknik analasis data menggunakan teori Semiotika Charles Sanders Peirce. Hasil penelitiannya ditemukan bahwa tanda nasionalisme lebih banyak ditemukan dari tanda religiusitas. Tanda nasionalisme lebih banyak ditemukan dari tanda verbal dan non-visual.