Pengaruh fan identification terhadap purchase intention melalui sponsor credibility dan attitude toward sponsorship (studi kasus klub sepakbola arsenal dan puma)

Main Author: Nugroho, Satrio
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/659/1/HALAMAN%20AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/659/2/BAB%20I.pdf
http://kc.umn.ac.id/659/3/BAB%20II.pdf
http://kc.umn.ac.id/659/4/BAB%20III.pdf
http://kc.umn.ac.id/659/5/BAB%20IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/659/6/BAB%20V.pdf
http://kc.umn.ac.id/659/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/659/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/659/
Daftar Isi:
  • Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh fan identification, sponsor credibility, dan attitude toward sponsorship terhadap purchase intention dalam konteks sponsorship Puma dengan klub sepakbola Arsenal. Metodologi: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan desain single cross-sectional. Data diperoleh melalui kuesioner yang disebar secara online dengan jumlah responden sebanyak 130 responden. Seluruh responden merupakan fans dari klub sepakbola Arsenal di Indonesia yang memenuhi beberapa persyaratan kriteria penerimaan sampel. Data diolah dengan menggunakan analisis multivariat, Structural Equation Modelling (SEM), dengan menggunakan software LISREL 8.8. Hasil Penelitian: Menunjukkan bahwa fan identification memiliki pengaruh terhadap purchase intention secara langsung maupun secara tidak langsung. Jika secara tidak langsung, fan identification dan purchase intention dimediasi oleh sponsor credibility dan attitude toward sponsorship. Jika secara langsung, maka fan identification dan purchase intention tidak di mediasi oleh apapun. Implikasi Manajerial: Hasil penelitian ini dapat menjadi masukan untuk perusahaan Puma secara global dan perusahaan Puma yang berada di Indonesia dalam usahanya untuk meningkatkan keinginan konsumen untuk membeli produk-produk Puma agar Puma dapat bersaing dengan Adidas dan Nike. Caranya adalah dengan meningkatkan fan identification, sponsor credibility, attitude toward sponsorship, dan purchase intention.