Representasi ideologi gender pada iklan minyak kayu putih cap lang versi kasih ibu dan iklan layanan masyarakat "pilih caleg perempuan" (studi semiotika iklan charles sanders peirce)
Main Author: | Charistho, Yohanes Bosco |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/632/1/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/632/2/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/632/3/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/632/4/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/632/5/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/632/6/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/632/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/632/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/632/ |
Daftar Isi:
- Perempuan oleh media massa, senantiasa digambarkan sangat tipikal, yaitu tempatnya ada di rumah berperan sebagai ibu rumah tangga dan pengasuh, tergantung para lelaki, tidak mampu membuat keputusan penting, menjalani profesi yang terbatas, selalu melihat pada dirinya sendiri, sebagai objek seksual/ simbol seks, objek fetis, objek peneguhan pola kerja patriarki, objek pelecehan dan kekerasan, selalu disalahkan, dan bersikap pasif, serta menjalankan fungsi sebagai pengonsumsi barang atau jasa dan sebagai alat pembujuk. Selain itu, eksistensi perempuan juga tidak terwakili secara proposional di media massa, baik dalam berita maupun hiburan, termasuk iklan. Judul skripsi ini adalah “Representasi Ideologi Gender Pada Iklan Minyak Kayu Putih Cap Lang versi Kasih Ibu dan Iklan Layanan Masyarakat ‘Pilih Caleg Perempuan’ (Studi Semiotika Iklan Charles Sanders Peirce)”. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui representasi ideologi gender pada iklan minyak kayu putih cap lang versi kasih ibu dan iklan layanan masyarakat “Pilih Caleg Perempuan”. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Dengan demikian, penelitian semiotika merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan tujuan untuk mencari penjelasan detil mengenai fenomena sistem tanda dan makna yang ada dalam iklan minyak kayu putih cap lang dan iklan layanan masyarakat “Pilih Caleg Perempuan”. Dari hasil penelitian terlihat bahwa melalui iklan minyak kayu putih cap lang versi kasih ibu dan iklan layanan masyarakat “Pilih Caleg Perempuan” tersebut tokoh ibu dikonstruksikan sebagai sosok yang kuat dan pantang menyerah. Sehingga tokoh ibu menjadi lebih dominan dan kemudian membentuk kontruksi ideologi gender.