Daftar Isi:
  • Berdasarkan tujuan Kementerian Perhubungan Indonesia dalam meningkatkan kesadaran informasi transportasi kepada khalayak melalui media sosial Instagram @kemenhub151 maka tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara konten media sosial terhadap kesadaran informasi transportasi pada khalayak. Penelitian ini menggunakan teori Kemungkinan Elaborasi yang membahas atau memprediksi bagaimana setiap individu memproses penerimaan informasi yang pada akhirnya dapat membentuk kesadaran kognitifnya. Penelitian ini juga dilengkapi dengan konsep-konsep mengenai konten media sosial. Penelitian ini bersifat eksplanatif menggunakan metode survei dengan membagikan kuesioner online. Populasi dalam penelitian ini adalah followers Instagram @kemenhub151 yang sudah mengikuti akun sejak Maret 2018 dengan mengambil 175 responden secara simple random sampling. Untuk menguji hipotesis, penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh konten media sosial Instagram @kemenhub151 terhadap kesadaran informasi transportasi pada khalayak sebesar 46,7%. Untuk meningkatkan kesadaran informasi, konten media sosial @kemenhub151 harus disesuaikan dengan karakteristik khalayaknya.