Strategi City Branding Dalam Kegiatan Promosi Dinas Pariwisata Provinsi Banten (Studi Kasus Pantai Tanjung Lesung Sebagai The Next Top Ten Bali)
Main Author: | Fitri, Siti Aidah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/6197/6/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/6197/8/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/6197/1/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/6197/2/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/6197/3/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/6197/5/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/6197/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/6197/7/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/6197/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas mengenai strategi city branding dalam kegiatan promosi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Banten dalam memperkenalkan destinasi pariwisata khususnya Pantai Tanjung Lesung yang telah ditetapkan sebagai The Next Top Ten Bali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sifat penelitian adalah deskriptif dengan metode studi kasus. Adapun metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma post-positivisme dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, dokumentasi, dan studi kepustakaan, serta teknik keabsahan data yang menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini menggunakan konsep tahapan perencanaan SOSTAC planning framework, strategi komunikasi, marketing framework Pariwisata 3A (Attraction, Amenities, dan Acessable), strategi promosi BAS (Brandiing, Advertising, dan Selling), serta konsep Pentahelix Pariwisata. Hasil dari penelitian yang sudah dilakukan, dapat diketahui bahwa Dinas Pariwisata Provinsi Banten memilih Strategi SOSTAC (situation analysis, objectives, strategy, dan control) untuk melakukan city branding dari Pantai Tanjung Lesung. Branding rutin dilakukan melalui event-event tahunan seperti Festival Pantai Tanjung Lesung, yang memiliki tema berbeda di setiap tahunnya, serta strategi komunikasi yang dilakukan mendukung pelaksanaan strategi city branding tersebut. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi komunikasi itu penting dalam pembangunan city branding. Program city branding yang dilakukan Dinas Pariwisata Provinsi Banten telah tercapai sesuai target yang diinginkan.