Daftar Isi:
  • Di era modernisasi iklim bisnis bidang Customer Relationship Management (CRM) berkembang dengan pesat. Perkembangan teknologi menggeser sistem komunikasi pemasaran lama dimana iklan menjadi senjata utama dalam komunikasi pemasaran. Untuk mendapatkan perhatian terhadap sebuah merek penting untuk menciptakan kedekatan dengan sebuah produk. Maka konsep brand activation kini dianggap efektif dalam menciptakan brand engagement. Adapun brand activation membahas tentang upaya perusahaan untuk menghidupkan sebuah brand melalui serangkaian program brand experience kepada target market perusahaan. Pada tahap ini perusahaan bisa melakukan engage secara langsung dengan customer melalui edukasi produk. PT. Ezeelink adalah salah satu perusahaan CRM system yang menerapkan konsep brand activation untuk menciptakan kesadaran merek. Dalam penelitian ini, peneliti bertujuan untuk mengetahui strategi brand activation PT. Ezeelink Indonesia dalam menciptakan brand engagement melalui program “Ezee Experience”. Adapun program “Ezee Experience” terbagi kedalam dua event, yakni ‘Ezee Treats’ dan ‘Ezee Hangout’. Teori dan konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah Komunikasi, Komunikasi Pemasaran, STP, Promotional Mix, Brand/ Merek, Brand Activation, AISAS dan Brand Engagement. Adapun penelitian ini difokuskan kepada teori Brand Activation milik Shimp, dimana brand activation merupakan gabungan dari IMC mix dan promotional mix. Serta dalam merancang strategi brand activation, PT. Ezeelink menggunakan 3 tahapan milik Shimp. Dalam penelitian strategi brand activation ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif. Adapun metode yang digunakan adalah metode studi kasus. Kemudian dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode in depth interview ditambah dengan beberapa studi pustaka.