Daftar Isi:
  • Perilaku dalam pola berbelanja nyata telah memberikan dampak buruk kepada pebisnis konvensional. Sejumlah toko buku menutup gerainya dikarenakan penjualan buku terus menurun. Perubahan tersebut membuat setiap toko buku melakukan inovasi yang berbeda dari sebelumnya untuk menarik perhatian pelanggan dan menjaga loyalitas pelanggan. Untuk menjaga loyalitas pelanggan Gramedia Store mengimplementasikan program Customer Relationship Mangement dalam bentuk membership card yang diberi nama Gramedia Card. Tujuan dari penelitian ini adalah menjabarkan strategi CRM Gramedia Store dalam menjaga loyalitas pelanggan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori dan konsep Customer Relationship Management, Model IDIC (identify, differentiate, interact dan customize), Membership Card dan Loyalitas Pelanggan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskripsi dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari konsep IDIC, terdapat satu diantaranya masih belum dijalankan dengan baik oleh Gramedia Store yaitu pada tahap Differentiate. Gramedia Store perlu melakukan pengelompokan membership dari yang paling berharga sampai pelanggan migrator.