Pengaruh Nation Branding “Pesona Indonesia” Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Nusantara (Survei Pada Pengikut Instagram @Pesonaid_Travel)
Main Author: | Edithania, Regina Oktaria |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/6182/3/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/6182/7/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/6182/1/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/6182/1/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/6182/5/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/6182/4/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/6182/2/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/6182/6/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/6182/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya negara, khususnya di wilayah Asia, yang menerapkan nation branding untuk mempromosikan pariwisata. Ketatnya persaingan tersebut membuat Kementerian Pariwisata Republik Indonesia mencanangkan nation branding “Pesona Indonesia” guna menarik minat wisatawan nusantara menjelajah di negeri sendiri. Berangkat dari fenomena ini, diadakan sebuah penelitian yang bertujuan mengetahui ada tidaknya pengaruh nation branding terhadap minat berkunjung wisatawan nusantara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan bersifat eksplanatif untuk menguji kebenaran hubungan antarvariabel. Metode yang digunakan adalah survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 416 responden yang didapat dari teknik simple random sampling. Setelah dilakukan uji regresi linear sederhana, didapat hasil sebesar 0.234 yang memiliki makna bahwa nation branding berpengaruh sebesar 23.4% terhadap minat berkunjung dan 76.6% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak terangkum dalam penelitian ini.