Daftar Isi:
  • Perkembangan teknologi dan media mempengaruhi proses manajemen perusahaan media. Dalam mengelola manajemen perusahaan media, manajer media memegang peranan penting untuk menentukan masa depan perusahaan. Pada penelitian ini, manajer media melakukan pengelolaan terhadap redaksi media 20Detik, notabene media hasil inovasi Detikcom dalam mempertahankan dan memperbaharui produksi kontennya. Saat ini, audiens terpantau memegang kontrol media dalam memproduksi konten berita. Manajer media juga mendorong kinerja dan memperhatikan kebutuhan para karyawan untuk meningkatkan produktivitas. Untuk mencapai tujuan yang maksimal, manajer media menerapkan konsep manajemen inovasi media dalam kegiatan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana manajemen media yang dilakukan oleh perusahaan media yang berbasiskan video singkat di 20Detik dengan metode studi kasus. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah tiga konsep utama manajemen media, yaitu Approach, Impact, dan Convergence and Innovation as a Product. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajer media redaksi 20Detik menerapkan sebagian besar konsep dari Approach, Impact, dan Convergence and Innovation as a Product.