Representasi maskulinitas pria dalam iklan rokok di televisi (analisis semiotika greimas pada iklan djarum super my life my adventure versi "bull race")

Main Author: Jose, Serenata Rosalia Leony Marie
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/600/1/HALAMAN%20AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/600/2/BAB%20I.pdf
http://kc.umn.ac.id/600/3/BAB%20II.pdf
http://kc.umn.ac.id/600/4/BAB%20III.pdf
http://kc.umn.ac.id/600/5/BAB%20IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/600/6/BAB%20V.pdf
http://kc.umn.ac.id/600/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/600/
Daftar Isi:
  • Penelitian yang berjudul Representasi Maskulinitas Pria dalam Iklan Rokok di Televisi, Analisis Semiotika Greimas pada Iklan Djarum Super My Life My Adventure versi “Bull Race” ini bertujuan untuk mencari tahu lebih dalam ciri-ciri maskulinitas seperti apa saja yang ditampilkan dalam iklan rokok. Penelitian ini menggunakan teori semiotika A.J.Greimas. Konsep yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu representasi, maskulinitas, dan teori tanda dan makna semiotika. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan paradigma konstruktivis. Peneliti mengumpulkan data-datanya dari berbagai sumber, mulai dari buku, e-book, jurnal, hingga internet yang terkait untuk menjelaskan penelitian ini. Dalam penelitian ini ditemukanlah ciri-ciri yang merepresentasikan maskulinitas. Ciri-ciri tersebut antara lain strength, tough, endurance, dan courage. Representasi tersebut bisa ditemukan dalam adegan visual yang ditampilkan dalam kedua iklan melalui analisis semiotic square.