Pengaruh reputasi underwriter, umur perusahaan, dan persentase penawaran saham kepada publik terhadap underpricing (studi pada perusahaan yang go public pada tahun 2010-2014 dan terdaftar di bursa efek Indonesia)

Main Author: Ferina, Maria Jeanne
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/5922/2/HALAMAN%20AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/5922/3/BAB%20I.pdf
http://kc.umn.ac.id/5922/4/BAB%20II.pdf
http://kc.umn.ac.id/5922/1/BAB%20III.pdf
http://kc.umn.ac.id/5922/1/BAB%20IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/5922/1/BAB%20V.pdf
http://kc.umn.ac.id/5922/1/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/5922/1/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/5922/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh reputasi underwriter, umur perusahaan, dan persentase penawaran saham kepada publik terhadap underpricing. Underpricing adalah suatu fenomena dimana harga saham saat penawaran perdana (IPO) lebih rendah dibandingkan harga penutupan saham di pasar sekunder saat hari pertama. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling dan data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini dianalisa dengan menggunakan metode regresi linier berganda. Sampel dalam penelitian ini adalah 72 perusahaan yang melakukan penawaran saham perdana (IPO) di Bursa Efek Indonesia pada periode Januari 2010 – Desember 2014; melakukan penawaran perdana saham; mengalami underpricing saat IPO; memiliki data lengkap yang tercantum dalam prospektus perusahaan, IDX monthly statistics, laporan keuangan dan situs harga saham (e-bursa); dan menggunakan mata uang Rupiah sebagai mata uang penyajiannya. Hasil penelitian ini adalah (1) reputasi underwriter berpengaruh signifikan terhadap underpricing; (2) umur perusahaan tidak berpengaruh terhadap underpricing; dan (3) persentase penawaran saham kepada publik tidak berpengaruh terhadap underpricing