Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna sistem informasi akuntansi pada perusahaan dagang di wilayah Jakarta dan Tangerang
Main Author: | Martanta, Laurensia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/5895/6/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/5895/7/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/5895/8/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/5895/3/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/5895/1/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/5895/5/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/5895/2/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/5895/4/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/5895/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji dan memberi bukti empiris tentang pengaruh kualitas sistem informasi akuntansi, akurasi informasi, ketepatan waktu informasi, relevansi informasi, dan partisipasi pemakai terhadap kepuasan pengguna sistem informasi akuntansi. Objek dalam penelitian ini adalah perusahaan dagang yang ada di wilayah Jakarta dan Tangerang yang menggunakan sistem informasi akuntansi. Metode dalam penelitian ini adalah casual study, yaitu studi hubungan sebab akibat, dengan menggunakan teknik analisis data regresi linier berganda. Sampel penelitian ini dipilih dengan metode convenience sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, data dikumpulkan dari kuesioner yang dibagikan kepada responden. Uji yang dilakukan adalah uji kualitas data, yang terdiri dari uji validitas, reliabilitas, dan uji normalitas, uji autokorelasi, dan diikuti uji hipotesis, yang terdiri dari uji koefisien determinasi, uji signifikansi parameter individual, dan uji signifikansi simultan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas sistem informasi, akurasi informasi, ketepatan waktu informasi, dan partisipasi pemakai berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna sistem informasi akuntansi secara parsial, tetapi relevansi informasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna sistem informasi akuntansi. Selain secara parsial, penelitian secara simultan menunjukkan bahwa kualitas sistem informasi, akurasi informasi, ketepatan waktu informasi, relevansi informasi, dan partisipasi paemakai secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna sistem informasi akuntansi.