Hubungan faktor demografi, sikap konsumen, dan niat penggunaan spbu self service technology (sst) milik PT pertamina
Main Author: | Kristian, Bayu Singgih |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/560/1/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/560/2/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/560/3/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/560/4/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/560/5/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/560/6/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/560/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/560/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/560/ |
Daftar Isi:
- Semakin banyak pesaing dari retail penyedia bahan bakar kendaraan bermotor serta ingin meningkatkan efisiensi perusahaan, maka PT Pertamina mulai mengimplementasikan teknologi Self Service (SST) untuk beberapa SPBU. Implementasi teknologi baru tersebut menjadi latar belakang penelitian ini dibuat, yaitu ingin menganalisa bagaimana hubungan antara faktor demografi, sikap konsumen dan niat untuk menggunakan SST milik PT Pertamina tersebut. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan melalui metode kuesioner dengan responden sebesar 292 orang yang pernah menggunakan SST SPBU Pertamina. Kemudian dilakukan analisis kuantitatif seperti uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesa melalui uji t dan uji F serta analisis koefisien determinasi (R2). Untuk menguji hubungan antara faktor demografi dengan karakteristik konsumen dilakukan dengan dua metode sesuai kebutuhan yaitu independent sample t test dan Uji Anova (Analysis of Variance). Untuk menguji pengaruh antara sikap konsumen terhadap variabel niat untuk menggunakan SST maka dilakukan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan evaluasi untuk Pertamina agar teknologi Self Service yang diimplementasikannya dapat digunakan dengan baik oleh semua kalangan masyarakat sehingga tercipta efisiensi dan juga keuntungan bagi perusahaan.