Perancangan Kampanye Sosial Penyadaran Literasi Media Sebagai Pencegah Berita Hoax
Main Author: | Hagieswari, Amelia Ruby |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/5536/2/halaman%20awal.pdf http://kc.umn.ac.id/5536/6/bab%20i.pdf http://kc.umn.ac.id/5536/5/bab%20ii.pdf http://kc.umn.ac.id/5536/1/bab%20iii.pdf http://kc.umn.ac.id/5536/3/bab%20iv.pdf http://kc.umn.ac.id/5536/4/bab%20v.pdf http://kc.umn.ac.id/5536/3/daftar%20pustaka.pdf http://kc.umn.ac.id/5536/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan teknologi telah membuat informasi dapat diperoleh dimana saja, kapan saja dan oleh siapa saja. Tak heran, hal ini menjadi peluang bagi pembuat informasi yang tidak bertanggung jawab dengan menyebar berita bohong atau hoax baik untuk kepentingan ekonomi maupun personal. Masalah hoax di Indonesia tatkala sudah pada tahap mengkhawatirkan dan menimbulkan akibat serius mulai dari kerugian personal, kericuhan hingga kematian. Sebagai pengguna media sosial terbesar, dewasa muda diharapkan berperan sentral dalam memerangi hoax. Namun pada kenyataannya, banyak diantaranya belum dapat membedakan hoax dan fakta sehingga terlalu terburu-buru dalam menanggapi sebuah berita heboh. Hal ini mengakibatkan penyebarannya hoax yang seharusnya ditekan justru marak tersebar. Melalui laporan tugas akhir ini, Penulis menyusun kampanye sosial yang bertujuan mengedukasi audiens agar mampu mendeteksi hoax serta bersikap proaktif dalam melaporkannya agar penyebaran hoax dapat ditekan.