Daftar Isi:
  • Yogyakarta merupakan salah satu destinasi favorit para wisatawan, setiap tahunnya kunjungan ke kota ini terus meningkat. Namun terjadi penumpukan kunjungan wisatawan di beberapa destinasi. Maka hadirlah beberapa kampung wisata sebagai destinasi wisata alternatif, salah satunya Kampung Wisata Brontokusuman. Terdapat berbagai potensi wisata yang ada di destinasi ini, antara lain wisata alam, wisata budaya, serta wisata kuliner dan penginapan. Melihat potensi yang ada, seharusnya destinasi ini mampu menjadi tujuan utama para wisatawan. Namun sayangnya potensi tersebut tidak teridentifikasi oleh wisatawan, dikarenakan tidak ada informasi yang menyatakan adanya Kampung Wisata Brontokusuman. Sehingga dapat dirumuskan bagaimana membangun awareness Kampung Wisata Brontokusuman melalui destination branding, dengan fokus pada perancangan visual promosi. Perancangan ini menggunakan penelitian mix method untuk mendapatkan data awal yang komprehensif. Hasil yang ingin dicapai adalah Kampung Wisata Brontokusuman dapat memiliki visual promosi yang sesuai dengan fungsinya sebagai kampung wisata, sehingga dapat teridentifikasi dengan baik oleh calon wisatawannya.