Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas tentang Implementasi media relations dalam soft launching Terminal 3 Ultimate. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebutuhan tumbuhnya perusahaan- perusahaan yang bergerak di bidang jasa transportasi udara khususnya dalam pengelolaan Bandara. Maka dukungan dari media menjadi hal penting bagi perusahaan yang menjalankan usahanya di bidang pengelola bandara. Penerapan teori dan konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep strategi media relation dari Hayes, Hendrix & Kumar yang terdiri dari riset, objektif, pembuatan program dan evaluasi. Adapun metodelogi penelitian yang digunakan adalah paradigma post-positivisme, dengan pendekatan kualitatifdeskriptif, metode penelitian studi-kasus, teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam dan studi kepustakaan, serta teknik keabsahan data yang menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan konsep media relations Hayes, Hendrix & Kumar, strategi yang dilakukan PT Angkasa Pura II peneliti menemukan bahwa riset awal, pemilihan objektif, perencanaan kegiatan, dan evaluasi dari kegiatan media relations sebelum hingga saat soft launching berlangsung telah dilakukan secara baik. Selain itu pada tahap evaluasi Angkasa Pura II dibantu oleh agensi dalam membantu pengukuran hasil akhir dari kegiatan soft launching Terminal 3 Ultimate.