Daftar Isi:
  • Dengan berkembangnya teknologi, perusahaan dituntut untuk mengikuti tren yang ada. Tidak terkecuali pada teknologi finansial, perusahaan bank dan non-bank berlomba-lomba untuk mengadaptasi teknologi pembayaran dengan berbagai fitur, salah satunya adalah electronic money (e-money). Pesatnya penggunaan e-money yang terjadi di Indonesia disadari oleh PT Hardana Kacida Reana (EMO), sehingga EMO memerlukan strategi – strategi yang menjadi pembeda dari kompetitornya dan hal ini dirasakan perlu oleh EMO melalui Kartu Jajan. Dalam memperkenalkan Kartu Jajan kepada industri pendidikan, EMO perlu mengupayakan strategi marketing communication yang tepat. Untuk memperkenalkan produk baru dan mendorong percobaan konsumen, EMO menggunakan sales promotion sebagai strategi marketing communication. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus, sebagai dasar bagi peneliti untuk melakukan penelitian. Melalui metode ini, peneliti dapat menganalisis data secara komprehensif. Strategi sales promotion dari EMO adalah program insentif sebagai ujung tombaknya. Melalui program ini, EMO menyebarkan seluruh informasi mengenai promosi Kartu Jajan. Penelitian ini membahas dan menganalisis langkah-langkah sales promotion dan kegiatannya menggunakan konsep sales promotion dari Kotler dan Keller.