Implementasi Komunikasi CSR PT Telekomunikasi Selular (Studi Kasus Pada Program The Nextdev)
Main Author: | Cristofer, Stefanus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/5500/7/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/5500/6/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/5500/8/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/5500/1/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/5500/3/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/5500/2/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/5500/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/5500/5/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/5500/ |
Daftar Isi:
- Dalam melakukan praktik bisnisnya perusahaan menimbulkan dampak bagi masyarakat baik positif maupun negatif dalam tiga aspek meliputi ekonomi, sosial, dan lingkungan. Demi menjaga keberlangsungannya ke depan, perusahaan perlu mengelola dampak yang ditimbulkannya. Dewasa ini mekanisme mengatasi dampak itu dikenal dengan corporate social responsibility (CSR) sebagai subfungsi corporate communication. Agar program CSR dilakukan menjadi efektif, penting bagi perusahaan untuk mengkomunikasikannya kepada para pemangku kepentingan atau stakeholder disebut komunikasi CSR. PT Telekomunikasi Selular atau yang sering disebut Telkomsel merupakan salah satu perusahaan operator seluler di Indonesia yang telah melakukan program CSR. Salah satu program CSR yang diwujudkannya yaitu The NextDev. Program ini merupakan kompetisi start up untuk generasi muda berfokus pada pembuatan aplikasi smart city yang berjalan sejak 2015. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif dan jenisnya deskriptif. Metode penelitian yang dipakai ialah studi kasus dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumen. Dalam pengolahan data melalui proses triangulasi dan kemudian dikatikan dengan konsep terkait untuk ditarik simpulannya. Pada penelitian ini yang coba ditelaah yakni bagaimana perusahaan mengimplementasikan komunikasi pada program CSR terkait menggunakan framework komunikasi CSR. Secara garis besar, hasil penelitian ini menunjukkan implementasi komunikasi CSR yang dilakukan PT Telekomunikasi Selular sesuai dengan framework komunikasi CSR. Terdapat unsur yang belum begitu tampak, yaitu issue support. Sedangkan dalam pesan yang disampaikan kepada stakeholder program ini dipahami sebagai sesuatu yang hadir dengan motif intrinsik terlebih dahulu dan motif ekstrinsik di belakangnya.