Daftar Isi:
  • Keberadaan pelanggan menjadi sangat penting bagi setiap perusahaan. Pelanggan yang merasa puas atas produk atau perusahaan kemungkinan besar akan menjadi pelanggan setia. Berbagai upaya dilakukan perusahaan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Salah satunya adalah dengan menerapkan program Customer Relationship Management (CRM). Memberikan point rewards menjadi salah satu strategi yang banyak dilakukan perusahaan, termasuk perusahaan e-commerce seperti Blibli.com. Skripsi ini berjudul “Strategi CRM Blibli.com dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan: Studi Kasus pada Program Point Rewards” adalah penelitian untuk mengetahui strategi CRM Blibli.com dalam mempertahankan loyalitas pelanggannya melalui program point rewards. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus menurut Stake. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan studi dokumentasi. Konsep yang digunakan sebagai dasar analisis data adalah model IDIC dari Pepper dan Rogers. Hasil dari penelitian ini adalah Blibli.com telah melakukan keempat tahap model IDIC menurut Pepper dan Rogers dalam menyusun strategi CRM-nya. Strategi yang digunakan Blibli.com hingga saat ini ada penerapan point rewards dan level keanggotaan. Pemberian point rewards dilakukan untuk mendorong pelanggan menjadi loyal customer dengan tawaran mendapatkan layanan maksimal.