Analisis Fungsi Media Indofood Sebagai Media Komunikasi Internal Pt Indofood Sukses Makmur Tbk
Main Author: | Oroh, Sharon Margriette Herlita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/5495/1/Skripsi.pdf http://kc.umn.ac.id/5495/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk meneliti fungsi Media Indofood sebagai media komunikasi internal di PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Media Indofood merupakan media internal utama yang dipakai untuk melakukan komunikasi dengan khalayak internal perusahaan. Berangkat dari masalah tidak konsistennya penerbitan, kebutuhan konten hiburan oleh pembaca, dan tren konsumsi media digital, peneliti ingin mengetahui bagaimana proses pengelolaan Media Indofood secara lebih dalam. Metode penelitian ini menggunakan studi kasus pengelolaan Media Indofood sebagai media komunikasi internal di PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Menggunakan konsep Pengelolaan Media Internal oleh Frank Jefkins. Data diperoleh melalui wawancara dengan 2 Key Informan yang berasal dari tim redaktur pelaksana dan dilengkapi dengan studi literatur. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Media Indofood tidak memiliki dampak signifikan terhadap produktivitas kerja dan penyebaran informasinya. Media Indofood yang berbentuk majalah perusahaan tidak efektif karena perubahan tren konsumsi media sekarang ini dan akan lebih baik jika diubah formatnya menjadi e-magazine. Terdapat juga kendala-kendala yang menyebabkan keterlambatan penerbitan tiap edisinya. Peneliti memiliki saran untuk pengembangan Media Indofood ke depannya. Tim redaksi dapat mengubah penerbitan Media Indofood dalam bentuk e-magazine, dan juga menyediakan alternatif media komunikasi internal lain yang disesuaikan untuk jenis karyawannya. Sebagai media komunikasi internal, Media Indofood harus bisa menjadi media yang lebih interaktif dan efektif bagi pembacanya.