Daftar Isi:
  • Sebagai alat yang sering dimanfaatkan oleh para pemburu kuliner, aplikasi dan situs web Zomato Indonesia tentunya menghadirkan berbagai keuntungan bagi para penggunanya. Pengguna Zomato Indonesia sendiri terdiri dari kumpulan orang yang merupakan pecinta kuliner atau yang dikenal pula dengan sapaan foodie. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana model komunikasi online review pada restaurant finder service Zomato Indonesia di kalangan foodie. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi tidak langsung dan dokumentasi. Hasil dari wawancara dengan para informan menunjukkan bahwa keberadaan Zomato Indonesia bagi kalangan foodie dianggap memiliki karakteristik yang serupa dengan media sosial. Selain itu, keberadaan foodie dalam Zomato Indonesia juga memiliki peranan yang sangat penting. Hal tersebut dikarenakan foodie adalah pihak yang paling berpartisipasi dan berkontribusi dalam menyediakan konten berupa informasi kuliner. Melalui online review, foodie dapat memperantarai berbagai pihak, mulai dari sesama reviewer, pembaca (readers) hingga pihak restoran sekalipun. Sebagai pihak yang berperan besar dalam membentuk hubungan, review yang dituliskan oleh foodie juga memiliki manfaat tersendiri bagi masing-masing pihak.