Daftar Isi:
  • Banyak keberhasilan yang telah dihasilkan karena adanya peranan Public Relations dalam organisasi atau perusahaan, salah satunya yaitu keberhasilan kampanye organisasi nirlaba. Dalam penelitian ini, peneliti akan membahas tentang bagaimana sebuah organisasi nirlaba khususnya WWF Indonesia dalam melaksanakan perencanaan dan pengimplementasian strategi and taktik public relations pada kampanye #DoubleTigers tahun 2016. Judul skripsi ini adalah “Strategi Kampanye Public Relations Organisasi Nirlaba: Studi Kasus Kampanye #DoubleTigers oleh WWF Indonesia Periode 2016”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengungkapkan strategi serta taktik public relations yang digunakan dalam kampanye #DoubleTigers oleh WWF Indonesia. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan mengacu pada paradigma post positivisme. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus, sedangkan penjabaran hasil penelitian menggunakan penjelasan yang bersifat deskriptif. Dalam penelitian ini, didapatkan hasil bahwa WWF Indonesia telah melakukan perencanaan kampanye yang sesuai dengan 9 Step Public Relations Strategic Planning oleh Ronald D. Smith. WWF Indonesia juga berhasil dalam pemilihan strategi dan taktik yang tepat sehingga dapat menghasilkan kampanye #DoubleTigers yang sukses dalam mencapai goals organisasi yaitu, meningkatkan awareness masyarakat terhadap isu Harimau Sumatera dan melakukan fundrising.