Daftar Isi:
  • Skripsi yang berjudul “Analisis Strategi Kampanye Pemasaran Sosial Direktorat Jenderal Pajak dalam Menyosialisasikan program Tax Amnesty” ini merupakan penelitian yang menganalisis langkahlangkah pemasaran sosial yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak untuk menyebarluaskan program Tax Amnesty kepada masyarakat. Direktorat Jenderal Pajak merupakan sebuah institusi pemerintahan berbentuk direktorat jenderal yang berada di bawah Kementrian Keuangan Republik Indonesia dengan fungsi untuk merumuskan kebijakan di bidang perpajakan. Dengan fungsi tersebut, Direktorat Jenderal Pajak bertanggung jawab untuk mengedukasi masyarakat tentang program Tax Amnesty agar masyarakat menyadari pentingnya pajak dan kemudian mau mengubah perilakunya untuk ikut serta dalam program ini. Kerangka pemikiran yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep pemasaran sosial dan kampanye Public Relations. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan paradigma post-positivisme dan sifat penelitian deskriptif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan bentuk deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi non partisipan, dan studi dokumen. Dalam penelitian ini, ditemukan kesimpulan bahwa terdapat kesesuaian antara strategi yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak dengan langkah-langkah pemasaran sosial dimulai dari dari menentukan latar belakang dan fokus program, menganalisis situasi, menentukan target khalayak, menentukan tujuan program yang hendak dicapai, membuat bauran pemasaran sosial yang terdiri dari product, price, place, promotion, melakukan pemantauan, serta membuat manajemen kampanye untuk memastikan bahwa semua pihak yang ada di dalam tubuh Direktorat Jenderal Pajak bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya.