Daftar Isi:
  • Corporate Social Responsibility (CSR) menjadi salah satu peran penting sekaligus membantu kedudukan humas dalam membangun hingga menjaga citra positif perusahaan. Dalam mengimplementasikan program sosial seperti “Bayar Listrik dengan Sampah” milik CSR PT PLN (Persero) juga membutuhkan komunikasi pemasaran untuk mengenalkan, memberi informasi, mengomunikasikan program agar masyarakat mendapatkan pemahaman. Dalam penelitian ini, yang menjadi rumusan masalah penulis adalah bagaimana implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dalam program “Bayar Listrik dengan Sampah.” Sehingga, adapun konsep yang penulis gunakan yaitu Corporate Social Responsibility (CSR) dan komunikasi pemasaran yang mengacu pada Philip Kotler. Jenis dan sifat yang digunakan penulis yakni kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Dengan metode tersebut, membantu penulis untuk melakukan penelitian ini hingga mendapatkan hasil akhir yang juga di dapat dari hasil wawancara secara mendalam dengan narasumber terkait, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian mengenai implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) PT PLN (Persero) pada program “Bayar Listrik dengan Sampah” yaitu program berpijak pada tata nilai perusahaan dan menerapkan Good Corporate Governance (GCG). Bauran Komunikasi Pemasaran yang digunakan antara lain public relations, personal selling, direct message, dan word of mouth.